Bamsoet terinspirasi semangat dan ideologi Jakob Oetama

Bamsoet terinspirasi semangat dan ideologi Jakob Oetama

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). (ANTARA/dokumentasi pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku terinspirasi semangat dan ideologi tokoh pers nasional Jakob Oetama.

Pria yang sempat menjadi wartawan di Harian Umum Prioritas pada tahun 1985 itu mengaku banyak mendapat inspirasi dari sepak terjang Jakob Oetama.

"Tentu kami semua kehilangan semangat dan ideologinya yang terus menyemangati kami semua sebagai jurnalis muda," kata Bamsoet kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Bamsoet mengatakan sesuatu yang tak banyak orang yang mengetahui, bahwa selain mengabdikan diri di dunia jurnalistik, Jakob Oetama juga pernah mengabdikan diri menjadi guru.

Ia menyebut Jakob Oetama pernah menjadi guru di SMP Mardiyuana, Cipanas, Jawa Barat (1952-1953), Sekolah Guru Bagian B di Lenteng Agung, Jakarta (1953-1954), dan SMP Van Lith di Gunung Sahari (1954-1956).

"Lebih dari itu, beliau juga seorang budayawan sekaligus pelestari kebhinekaan. Menjadi penegas bahwa kecintaannya terhadap Indonesia tak perlu diragukan," tutur Bamsoet.

Pendiri Kompas Gramedia itu memiliki idealisme yang luar biasa sebagai jurnalis. Ia berharap idealisme itu bisa menginspirasi para insan pers yang lebih muda.

"Tak ada cerita yang tidak menarik, apa yang saya dengar dari pak Jakob banyak cerita menarik yang selalu menginspirasi. Semoga semangat dan ajaran beliau jadi inspirasi kita dan kalian sebagai jurnalis. Kami ucapkan selamat jalan, semoga beliau diterima di sisinya," pungkas Bamsoet.

Jakob Oetama adalah putra dari Raymundus Josef Sandiyo Brotosoesiswo. Ia telah meninggal dunia pada hari Rabu tanggal 9 September 2020, pukul 13.05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, karena sakit.

Pendiri Kompas Gramedia itu dimakamkan secara militer di Blok AA nomor 339 Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan sekitar pukul 11.30 WIB.

Adapun yang bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman tersebut adalah wakil presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

Baca juga: MPR: Kemendagri kumpulkan data cakada petahana langgar prokes COVID-19

Baca juga: Bamsoet terima brevet warga kehormatan BIN

Baca juga: Bamsoet: Jakob Oetama majukan dunia jurnalistik
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020