Selama hampir tengah jam di dalam rumah duka, Mensos yang datang didampingi  istri Grace Batubara berkenan memberikan sepatah dua patah kata
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari P Batubara mendatangi rumah duka Pendiri Kompas Gramedia dan Pimpinan Umum Harian Kompas Jakob Oetama di Jalan Sriwijaya V No 40, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu malam.

Mensos tiba sekitar pukul 19.20 WIB. Pada saat bersamaan tengah dilaksanakan Misa Requiem atau Misa Arwah Misa Kudus untuk penghormatan kepada almarhum Jakob Oetama.

Selama hampir tengah jam di dalam rumah duka, Mensos yang datang didampingi  istri Grace Batubara berkenan memberikan sepatah dua patah kata kepada wartawan terkait mediang Jakob Oetama.

"Beliau seorang tokoh khususnya di bidang media, dan kita semua menikmati karya-karya beliau, termasuk kami juga selama mengikuti kiprah beliau di media beliau," kata Juliari.

Baca juga: Staf Khusus BPIP: Jakob Oetama tokoh pers pengusung nilai Pancasila

Menurut Juliari, kiprah Jakob Oetama di bidang media juga berperan bagi pemerintah dalam menjalankan tugas negara.

"Dan tentunya buat pemerintah media-media beliau sangat dibutuhkan sebagai satu mitra di dalam kita menjalankan pekerjaan kita," ujar Juliari.

Wafatnya Jakob Oetama sebagai tokoh pers nasional menimbulkan rasa kehilangan yang dalam bagi Juliari.

Baca juga: PWI: Jakob Oetama adalah sosok jalan tengah

"Kami merasa kehilangan atas wafatnya Bapak Jakob Oetama semoga arwahnya diterima disisi Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Juliari.
 
Kerabat melepas kepergian Pendiri Kompas Gramedia dan Pimpinan Umum Harian Kompas Jakob Oetama di rumah duka Jalan Srikaya V No 40, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Hingga berita ini diturunkan, pihak keluarga tengah bersiap memindahkan jenazah Jakob Oetama ke gedung Kompas Gramedia Palmerah Selatan untuk disemayamkan.

Jenazah Jakob Oetama akan disemayamkan hingga Kamis (10/9) untuk selanjutnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata secara militer.

Baca juga: In Memoriam - Jakob Oetama Sang Guru jurnalisme

Sebelum dimakamkan, akan digelar misa tutup peti dan pelepasan jenazah dari pihak keluarga kepada negara.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ditunjuk sebagai perwakilan keluarga untuk menyerahkan jenazah kepada negara.

Upacara militer pemakaman jenazah Jakob Oetama akan dilaksanakan sekitar pukul 11.00 WIB, bertindak selaku inspektur upacara mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pendiri Kompas Gramedia sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama tutup usia pada Rabu, 9 September 2020 pukul 13.05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta dalam usia 88 tahun.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020