Padang (ANTARA) - Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Rasak Bungo milik PT Semen Padang yang didirikan oleh Pemerintahan Hindia Belanda pada 1908 juga dimanfaatkan untuk menerangi fasilitas umum di sekitar perusahaan.

"Selama 112 tahun beroperasi hingga saat ini pembangkit dengan kapasitas 2x500 kw masih berproduksi dan menerangi fasilitas umum mulai dari masjid hingga Pos Polisi," kata Kepala Unit Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang Muhamad Ikrar di Padang, Selasa.

Menurut dia, fasilitas umum yang diterangi PLTA antara lain Masjid Jabal Ramah dengan daya terpasang 3P 100/5A, Masjid Al Iktihad 2.200 KWh, Kantor Pemuda Simpang Indarung dan Pos Polisi Simpang Indarung masing-masing 900 KWh.

Kemudian, Musala Limponi dan Musala Tapi Aia masing-masing dialiri listrik 1.300 KWh, serta untuk Masjid Anur Syukur sebesar 2.200 KWh, Musala Atap Genteng 900 KWh dan MTs Lubuk Kilangan sebesar 1.300 KWh.

Baca juga: Lima investor berencana bangun PLTA Kayan di Kaltara

Baca juga: Aktivis lingkungan sarankan pengelolaan berkelanjutan APL Batang Toru


"Rata-rata pemakaian listrik untuk sejumlah fasilitas umum itu sebesar 7.500 KWh per tahun," ujarnya.

Ia menyampaikan bantuan listrik untuk fasilitas umum di lingkungan perusahaan PT Semen Padang merupakan wujud dari kepedulian perusahaan terhadap masyarakat lingkungan .

Oleh sebab itu, ia berharap agar bantuan listrik itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk kepentingan bersama.

Ikrar mengatakan, pendistribusian listrik untuk fasilitas umum di lingkungan masyarakat juga merupakan bagian dari program efisiensi energi berbasis pemberdayaan.

Selain bantuan listrik untuk fasilitas umum di sekitar perusahaan, kata Ikrar, PT Semen Padang melalui Unit CSR perusahaan, juga punya program pemberdayaan masyarakat yang rutin dialokasikan setiap tahun oleh PT Semen Padang, yaitu program Basinergi Mambangun Nagari (BMN).

PLTA Rasak Bungo telah mewarnai perjalanan panjang PT Semen Padang sejak didirikan tahun 1910 hingga saat ini yang digunakan untuk memenuhi energi listrik perusahaan dan fasilitas umum.*

Baca juga: Semen Padang salurkan beasiswa bagi 50 pelajar di Dumai

Baca juga: Semen Padang bangun replika Danau Singkarak lestarikan ikan bilih

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020