60 jiwa warga Bali Mester mengungsi akibat kebakaran

60 jiwa warga Bali Mester mengungsi akibat kebakaran

Warga berkerumun di sekitar lokasi kebakaran RW03 Jatinegara Barat, Bali Mester, Jakarta Timur, Senin (7/9/2020). Sedikitnya sepuluh rumah terbakar dalam kejadian itu. (ANTARA/HO-Damkar Jaktim)

Jakarta (ANTARA) - Sedikitnya 60 jiwa terpaksa mengungsi untuk sementara karena kehilangan tempat tinggal akibat 11 unit bangunan rumah tinggal penduduk serta satu tempat usaha reparasi kendaraan ludes terbakar di Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Senin sore.

"Jumlah pengungsi yang kehilangan tempat tinggal ada sekitar 60 jiwa," kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman di Jakarta.

Bangunan yang terbakar berada di RT05 yang dihuni 40 jiwa dalam 20 kepala keluarga (KK) dan di RT07 sebanyak 20 jiwa yang tergabung dalam sembilan KK.

Gatot mengatakan luas area yang terbakar di Gang Nur Jatinegara Barat IV RW03 mencapai 1.150 meter persegi.

"Penyebab akibat korsleting listrik. Ada saksi yang melihat api pertama kali dari lantai dua rumah salah satu warga," katanya.

Gatot memperkirakan kerugian materi atas kebakaran itu berkisar Rp1,6 miliar lebih dengan kerugian terbesar dialami pemilik bengkel Yamaha atas nama Lang Jung Cui.

Sebanyak 96 personel kebakaran Jakarta Timur dikerahkan menuju lokasi kejadian berikut 19 unit armada pemadam api.

"Awal pemadaman pukul 17.44 WIB dan saat ini sudah dalam proses pendinginan bara api," katanya.

Tidak dilaporkan adanya korban jiwa dalam kejadian itu, namun salah satu petugas medis tampak mengevakuasi seorang manula yang tidak sadarkan diri saat kebakaran terjadi.

Baca juga: Dinsos mulai dirikan tenda pengungsian di lokasi kebakaran Bali Mester
Baca juga: Sepuluh rumah terbakar di Bali Mester Jakarta Timur
Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020