1.115 orang ikuti seleksi CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan

1.115 orang ikuti seleksi CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan

Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar. ANTARA/HO-KKP/am.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal melaksanakan kegiatan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berlangsung di 28 lokasi seluruh Indonesia dalam sebulan ini.

Sekjen KKP Antam Novambar dalam siaran pers di Jakarta, Rabu, menyatakan ada penambahan lokasi dari yang semula tujuh titik untuk menghindari kemungkinan penyebaran COVID-19.

"Penambahan ini untuk meminimalisir pergerakan peserta antar-provinsi dan mencegah penyebaran COVID-19 karena pergerakan peserta," ujar Antam Novambar.

Baca juga: Tahapan CPNS 2019 lanjut September---Oktober dengan protokol COVID-19

Antam mengemukakan bahwa jumlah peserta SKB Pengadaan CPNS KKP kali ini sebanyak 1.115 orang, yang memperebutkan posisi Formasi Umum dan Khusus, Jabatan Ahli Pertama Pranata Komputer dan Ahli Pertama Statistisi, Jabatan Kelasi, Oiler dan Operator Speedboat, serta Jabatan Ahli Pertama Pranata Laboratorium Pendidikan.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Aparatur KKP Ummi Windriani menerangkan bahwa ujian SKB terbagi dalam tiga bagian.

Bagian pertama adalah yakni Computer Assisted Test (CAT) dan teknis pengelolaan laboratorium, yang kemudian dilanjutkan dengan tes psikologi.

Selanjutnya bagian ketiga adalah wawancara, praktek kerja, dan Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK). Bobot penilaian terbesar adalah CAT mencapai 50 persen.

Baca juga: Kemenperin gelar seleksi kompetensi dasar CPNS di 15 wilayah

"Tes PFK untuk jabatan kelasi, oiler dan operator speedboad. Untuk CAT lokasi tesnya di kantor regional/UPT BKN, sedangkan tes psikologi dan wawancara di UPT KKP," jelas Ummi.

Antam memastikan pula pelaksanaan SKB mengikuti protokol kesehatan COVID-19 sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI No.HK.01.07/MENKES/382/2020. Metode SKB yang semula tatap muka pun diubah menjadi dengan aplikasi dan daring.

"Tetapi peserta masih harus tetap berada di lokasi ujian/UPT yang ditentukan untuk menghindari perjokian," tegas Antam.

Adapun informasi lebih lanjut terkait detail lokasi dan waktu pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS KKP dapat dilihat pada laman www.ropeg.kkp.go.id/indeks-pengumuman atau melalui tautan berikut https://bit.ly/2EYgI0M.

Baca juga: Menpan-RB keluarkan surat edaran untuk lanjutkan SKB CPNS 2019
Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020