jumlah pasien positif COVID-19 sembuh secara kumulatif menjadi 4.260 orang
Denpasar (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali mencatat pada Jumat ini ada tambahan 71 pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh.

"Dengan tambahan 71 orang yang sembuh ini, jumlah pasien positif COVID-19 yang telah sembuh secara kumulatif menjadi sebanyak 4.260 orang atau 86,92 persen dari total kasus positif yang terkonfirmasi," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra di Denpasar, Jumat.

Adapun 71 pasien positif COVID-19 yang telah sembuh pada Jumat ini, sebarannya yakni di Kabupaten Tabanan (3), Badung (12), Denpasar (12), Gianyar (15), Bangli (8), Klungkung (6) dan Buleleng (15).

Baca juga: Wagub Bali: Pelaku usaha jangan patah semangat hadapi pandemi

"Untuk hari ini juga ada tambahan 93 kasus baru yang kesemuanya transmisi lokal, sehingga jumlah kumulatif pasien positif COVID-19 hingga hari ini menjadi 4.901 orang," ucap birokrat asal Pemaron, Kabupaten Buleleng itu.

Dewa Indra yang juga Sekda Provinsi Bali itu mengatakan pada hari ini ada penambahan dua pasien COVID-19 yang meninggal, satu dari Kabupaten Badung dan satu dari Kota Denpasar, sehingga jumlah kumulatif pasien yang meninggal dunia menjadi 60 orang atau 1,22 persen.

Untuk pasien positif dalam perawatan (kasus aktif) yang berada di 17 rumah sakit dan dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima, Hotel Ibis, Hotel Grand Mega dan BPK Pering) 581 orang atau 11,85 persen.

Baca juga: Ada dua tambahan, positif COVID-19 meninggal dunia di Bali jadi 58

Baca juga: Bali kenakan denda Rp100.000 bagi warga tak pakai masker


Meskipun data kesembuhan pasien COVID-19 semakin banyak, pihaknya tetap mengajak semua lapisan masyarakat tetap menjaga diri dan kesehatannya, dengan menerapkan protokol kesehatan di mana saja dan kapan saja sehingga antara satu orang dan yang lainnya akan saling menjaga.

Pihaknya mengingatkan masyarakat untuk senantiasa disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan menghindari keramaian atau kerumunan.

"Ini karena jumlah angka positif di Bali sebagian besar masih didominasi oleh transmisi lokal secara kumulatif sebanyak 4.511 orang atau 92,04 persen," ujar mantan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali itu.

Baca juga: Unud kembangkan produk olahan teh, untuk sistem imun hadapi COVID-19

Baca juga: Dua pegawai Kanwil KemenkumHAM Bali dinyatakan positif COVID-19

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020