Pemkot Jaksel resmikan Rumah Sepeda Indonesia di Kelurahan Bintaro

Pemkot Jaksel resmikan Rumah Sepeda Indonesia di Kelurahan Bintaro

Sejumlah pesepeda mendatangi peresmian Rumah Sepeda Indonesia di Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan meresmikan Rumah Sepeda Indonesia yang didirikan oleh gerakan 'Bike to Work' (B2W) Indonesia di Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Kamis,

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali meresmikan langsung rumah sepeda bagi seluruh pesepeda di Indoneia yang menandai 15 tahun terbentuknya B2W Indonesia.

Baca juga: Menanti Jakarta ramah pesepeda

Marullah mengapresiasi pendirian Rumah Sepeda Indonesia oleh B2W Indonesia bersama komunitas sepeda yang berafiliasi dengan B2W Indonesia yang loyal menggunakan sepeda sehari-hari.

"Ada tiga hal yang paling utama ketika seseorang bersepeda, yang pertama sehat karena sepeda ada unsur olahraganya. Kedua, menjaga lingkungan karena tidak ada polusi dan ketiga, tepat waktu tentunya, dan banyak motivasi lainnya," kata Marullah.

Rumah Sepeda Indonesia menjadi rumah bagi para pesepeda di seluruh Indonesia maupun pesepeda dari luar negeri. Memiliki fungsi sebagai tempat diskusi, edukasi, advokasi hingga kampanye tentang bersepeda.
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali didampingi Ketua Bike To Work Indonesia Poetoet Soedarjanto meresmikan Rumah Sepeda Indonesia di Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

"Kami berharap ini adalah rumah semua orang teman-teman pengguna sepeda, tidak sekedar rumah Bike to work, tapi rumah milik teman-teman sepeda seluruh Indoensia," kata Ketua B2W Indonesia Poetoet Soedarjanto.

Baca juga: DKI bagikan buku saku agar masyarakat bersepeda dengan aman-bijak

Meski didirikan oleh Bike to Work Indonesia, tetapi rumah tersebut diberi nama Rumah Sepeda Indonesia supaya dapat menjadi rumah bagi semua pengguna sepeda.

"Semua aktivitas bersepeda kita muaranya ada di sini (Rumah Sepeda Indonesia)," ujar Poetoet.

Baca juga: Sepeda juga wajib patuhi rambu lalu lintas

Poetoet menambahkan, Rumah Sepeda Indonesia memiliki fungsi bermacam-macam yang terkait dengan pergerakan pertumbuhan sepeda di Indonesia. Rumah tersebut dilengkapi dengan ruang untuk edukasi, advokasi, ruang diskusi dan ruang istirahat untuk pesepeda di Indonesia maupun luar negeri,

"Di sini kita dedikasikan untuk semua pengguna sepeda di Indonesia, tentu tujuan utamanya adalah kembali pada visi 'bike to work' Indonesia yakni meningkatan kualitas masyarakat Indonesia dengan bersepeda," kata Poetoet.

 
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020