16 orang lainnya masih dirawat secara intensif
Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menginformasikan bahwa pasien COVID-19 di wilayah ini yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 73 orang.

"Sejak awal penanganan hingga saat ini jumlah pasien COVID-19 yang telah sembuh sebanyak 73 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Kamis.

Dia menjelaskan berdasarkan data terbaru, total pasien COVID-19 di wilayah setempat berjumlah 90 orang.

"Dari 90 pasien tersebut, sebanyak 73 orang di antaranya sudah sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, satu orang meninggal dunia, dan 16 orang lainnya masih dirawat secara intensif di fasilitas kesehatan yang ada di wilayah ini," katanya.

Dia juga mengatakan walaupun jumlah pasien sembuh terus bertambah namun hingga saat ini juga masih terdapat kasus penambahan baru COVID-19 di wilayah setempat.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Kabupaten Purbalingga bertambah dua orang

Baca juga: Bupati Purbalingga: Peran apoteker strategis dalam pencegahan COVID-19


Dengan demikian dia kembali mengajak seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan juga bijaksana dalam beraktivitas.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa pihaknya hingga hari ini masih menggencarkan kegiatan tes usap dan tes cepat secara massal guna menemukan dan menelusuri potensi orang tanpa gejala sebagai upaya mencegah penularan virus tersebut di wilayah ini.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga kembali meminta masyarakat untuk mengikuti dan mematuhi anjuran-anjuran pemerintah untuk selalu menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak fisik dan menghindari kerumunan.

"Dengan menerapkan protokol kesehatan dengan baik dalam segala aktivitas maka diharapkan masyarakat akan dapat tetap beraktivitas dan produktif namun juga tetap aman dari kemungkinan paparan COVID-19," katanya.

Baca juga: Cegah COVID-19, operasi masker diintensfikan di Purbalingga-Jateng

Baca juga: 90 persen lebih pasien COVID-19 di Purbalingga sudah sembuh


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020