Jakarta (ANTARA) - (NUFF) 2020 dan beberapa seniman, label serta perancang busana berkolaborasi membuat karya edisi terbatas sebagai bentuk solidaritas untuk usaha mode yang terkena dampak dari pandemi.

Karya hasil kolaborasi ini dilelang secara virtual lewat Charity Auction di situs resmi www.nusantarafashionfestival.com yang prosesnya berlangsung hingga 31 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.

Karya eksklusif yang dilelang meliputi kolaborasi dari Sepatu Compass x Sejauh Mata Memandang, Darbotz x Bluesville, NIION x Rama Dauhan, HitHat x Stereoflow, Voyej x Dibba, Elhaus x Agugn, Didi Budiardjo x DGTMB, Aesthetic Pleasure x Olderplus, TANGAN x Abenk Alter dan Rinaldy A Yunardi x Museum of Toys featuring Putu Arya.

“Sebagai bentuk upaya nyata kepedulian, kami bersama dengan seniman, brand dan perancang mode menghadirkan karya kolaborasi khusus yang kami dedikasikan bagi sesama. Melalui Charity Auction ini diharapkan masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam lelang ini dan berkontribusi dalam menggerakan roda ekonomi UMKM.” kata Ben Soebiakto, CEO Samara Media & Entertainment, dalam siaran resmi, Selasa.
 
Karya kolaborasi tas kulit Aesthetic Pleasure X Olderplus (kiri) dan Didi Budiardjo X DGTMB - The Harmony in Ndilalah (HO)


NUFF 2020 juga berkolaborasi dalam menjual masker karya perancang yang terlibat dalam Virtual Fashion Show. Masker eksklusif ini bisa didapatkan melalui akun resmi Nusantara Fashion Festival di Tokopedia.

Seluruh keuntungan dari kegiatan lelang virtual dan penjualan masker akan disumbangkan untuk UMKM sektor mode melalui Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS). Bersama dengan DEKRANAS, dana yang terkumpul akan digunakan untuk pelatihan UMKM mode di lima lokasi wisata unggulan Indonesia.

Baca juga: Nusantara Fashion Festival 2020 dibuka mulai hari ini

Baca juga: Nusantara Fashion Festival 2020 libatkan kurator lintas bidang

Baca juga: Nusantara Fashion Festival 2020, sinergi UMKM dan pegiat industri mode

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020