Pasien COVID-19 di Kabupaten Purbalingga bertambah dua orang

Pasien COVID-19 di Kabupaten Purbalingga bertambah dua orang

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono (ANTARA/HO - dok. pribadi)

Purbalingga (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menginformasikan bahwa pasien COVID-19 di wilayahnya bertambah dua orang sehingga total per Selasa sebanyak 88 orang.

"Informasi hari ini, penambahan pasien positif dua orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono di Purbalingga, Selasa.

Dia menjelaskan dari 88 pasien tersebut, 70 di antaranya sudah sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah, satu orang meninggal dunia, dan 17 lainnya masih dirawat intensif di fasilitas kesehatan," katanya.

Sementara itu hingga hari ini masih digencarkan tes usap dan tes cepat secara massal guna menemukan dan menelusuri potensi orang tanpa gejala sebagai upaya mencegah penularan virus tersebut di wilayah ini.

Baca juga: Bupati Purbalingga: Peran apoteker strategis dalam pencegahan COVID-19

Baca juga: 68 pasien COVID-19 di Purbalingga telah sembuh


Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat.

Selain itu, masyarakat diminta untuk mengikuti dan mematuhi anjuran-anjuran pemerintah untuk selalu menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak fisik dan menghindari kerumunan.

"Dalam upaya mengatasi pandemi ini kami membutuhkan peran aktif masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, jadikan protokol pencegahan COVID-19 ini sebagai gaya hidup sehari-hari," katanya.

Kunci sukses dalam mencegah virus tersebut adalah dengan meningkatkan rasa disiplin dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Mari lindungi diri sendiri dan keluarga kita, juga melindungi orang lain yang ada di sekeliling kita mari bersama-sama kita menerapkan adaptasi kebiasaan baru," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga Wahyu Kontardi tengah menggelar operasi terpadu dalam rangka sosialisasi dan pendisiplinan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap berpegang pada protokol kesehatan cegah COVID-19," katanya.

Dia mengatakan operasi terpadu dilaksanakan di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Purbalingga sejak 24 Agustus 2020.*

Baca juga: Pemudik di Purbalingga wajib informasikan riwayat perjalanan ke RT-RW

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Purbalingga 63 orang dari 72 kasus

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020