Jayapura (ANTARA) - Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia (Gemapi) bersama elemen masyarakat di Kota Jayapura menyelenggarakan kegiatan pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 1,5 kilometer dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Staf Korem (Kasrem) 172/PWY Kolonel Inf Achmad Fauzi di Jayapura, Senin mewakili Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Republik Indonesia untuk dapat menyatukan seluruh elemen masyarakat di Papua.

"Hari ini kita lihat bersama yang hadir dari semua kalangan organisasi masyarakat, klub motor, mobil dan lain sebagainya. Jadi kegiatan ini didukung oleh semua pihak terutama dari kalangan pemuda yang dipelopori Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia berkumpul di sini tanpa melihat perbedaan," tegasnya.

Baca juga: Bendera Merah Putih terpanjang di Kalimantan berkibar di Banjar

Untuk itu, Kolonel Achmad Fauzi mengajak semua elemen masyarakat untuk selalu menjaga sinergitas antarsesama di Provinsi Papua khususnya di Kota Jayapura yang di sana tinggal berbagai suku bangsa dengan berbagai perbedaan tetapi tetap satu di dalam masyarakat yang damai dan sejahtera.

"Sesuai dengan tema yang diusung Papua dalam Nusantara kami harapkan generasi emas Papua dapat menjadikan Negara Indonesia semakin maju dan dapat dipertimbangkan oleh bangsa yang lain. Tak lupa kami juga mengingatkan kepada semua yang hadir di sini agar dalam situasi kondisi pandemi COVID-19 ini saya harapkan tetap mematuhi protokol kesehatan," harap Kasrem 172/PWY itu.

Baca juga: Bendera berukuran besar dibentangkan di Situ Gede Tasikmalaya

Sementara itu Koordinator lapangan Gemapi Nesti, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini sebelumnya telah dilaksanakan pawai kendaraan yang terdiri dari beberapa klub motor dan mobil yang ada di Jayapura, Konvoi dimulai dari batas kota-lampu merah Abepura-lingkaran Abe-Kamkei- lampu merah Tanah Hitam-Pasar Youtefa-pintu masuk ringroad dan finish di jembatan merah Holtekamp.

“"Sedangkan bendera yang kami bentangkan secara bersama-sama ini dimulai dari ujung Jembatan Merah Youtefa sampai dengan ujung jembatan atau hingga jalan masuk tempat wisata pantai Cibery sepanjang 1,5 Km," ungkap Nesti.

Selain itu, kata Nesti, Gemapi pada hari sebelumnya juga sudah melaksanakan pemasangan bendera sebanyak 77 helai di sepanjang jembatan dan ringroad.

"Harapan kami ke depan kepada generasi muda Papua agar dapat menjaga semangat dalam mengapai cita-cita di masa depan dan mampu merebut peluang-peluang yang ada sehingga kita dapat menjadi generasi muda Papua yang dapat bersaing dan handal," ujarnya.

Baca juga: Penyelam wanita di Raja Ampat kibarkan bendera di bawah laut
Baca juga: Mahasiswa Untidar kibarkan bendera ukuran besar di Jembatan Blondo

Baca juga: Masyarakat Pujurahayu Pasaman Barat upacara bendera di tengah sawah

Pewarta: Muhsidin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020