... Kami menyatakan hormat atas keikhlasan dan kesetiaan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan bangsa...
Jayapura, Papua (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI AU Silas Papare,  Marsekal Pertama TNI Budhi Achmadi, memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) yang merupakan rangkaian pelaksanaan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Papua di Kompleks Taman Makam Pahlawan Waena, Minggu (16/8).

"Apel kehormatan dan renungan suci merupakan momen untuk mengenang dan menghormati jasa pahlawan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia," kata Achmadi, dalam siaran persnya di Jayapura, Senin.

Menurut dia, pukul 24.00 WIB pada 16 Agustus 2019 menjadi detik pembacaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci. "Kami menyatakan hormat atas keikhlasan dan kesetiaan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan bangsa," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk lebih mengkhidmatkan jalannya upacara, pada acara inti yakni dari penghormatan kepada arwah pahlawan, pembacaan teks apel kehormatan dan renungan suci, mengheningkan cipta, serta pembacaan doa maka seluruh lampu yang ada di TMP dimatikan.

Dengan diiringi latar musik dari satuan musik setempat dan nyala api di obor tugu pahlawan serta lilin yang bertebaran di makam, hal tersebut semakin menjadikan peserta upacara tenggelam dalam nafas heroik yang dikobarkan pahlawan Indonesia.

Apel kehormatan ini dihadiri sejumlah pimpinan formal berbagai instansi di sana, di antaranya Kepala BIN Daerah Papua, Mayor Jenderal TNI Abdul Haris Napoleon, Komandan Korem 172/PWY, Brigadir Jenderal TNI Izak Pangemanan, Wakil Kepala Polda Papua, Brigadir Jenderal PolisiYakobus Marjuki, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Nikolaus Kondomo, dan Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020