Menparekraf ajak industri pariwisata bersiap songsong situasi kondusif

Menparekraf ajak industri pariwisata bersiap songsong situasi kondusif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio (ANTARA/tangkapan layar)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengajak industri pariwisata untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong pemulihan yang diyakini terjadi ketika situasi kembali kondusif.

Sembari menanti hal itu terwujud, dia mengajak pihak-pihak terkait untuk tidak pasrah menunggu, tetapi justru bersiap agar industri kembali pulih secepatnya.

"Saya yakin setelah vaksin sudah diproduksi dan didistribusikan, sektor ekonomi kreatif dan pariwisata akan melesat," kata Wishnutama dalam konferensi pers daring Traveloka Clean Partners, Kamis.

Baca juga: Traveloka hadirkan layanan pemesanan tes COVID-19

Baca juga: Moda transportasi dibuka, Traveloka belum jual tiket kereta dan bus


Menparekraf optimistis pelaku industri pariwisata bisa bernapas lebih lega ketika vaksin sudah ditemukan. Pariwisata domestik saat ini merupakan andalan di tengah pandemi virus corona karena keterbatasan ruang gerak membuat turis mancanegara tak leluasa berlibur, termasuk ke Indonesia.

"Kita bisa bantu mendorong bangkitnya kembali sendi-sendi di sektor pariwisata melalui wisatawan nusantara," kata dia.

Menparekraf mengatakan, pemerintah berupaya mendorong agar wisatawan nusantara bisa merasa aman saat melancong ke destinasi wisata Tanah Air dengan melaksanakan protokol CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment).

Langkah ini turut didukung oleh pelaku industri, salah satunya biro perjalanan daring Traveloka yang memperkenalkan kampanye Traveloka Clean Partners.

“Di fase transisi ini, dibutuhkan kerja sama berbagai pihak untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang tidak hanya mendorong pemulihan industri, namun juga untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di tanah air.”

Label Clean Partners disematkan pada produk dan layanan Traveloka, mulai dari transportasi, hotel, hingga restoran agar pengguna bisa merasa lebih aman dan nyaman di tengah masa adaptasi kebiasaan baru.

Kampanye Traveloka Clean Partners telah hadir secara bertahap sejak Juni 2020 di lebih dari 240 kota di tanah air dan hingga kini telah menggandeng lebih dari 2.000 mitra yang telah berkomitmen untuk memenuhi standar protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang sesuai dengan ketetapan pemerintah dan institusi terkait.

Baca juga: Traveloka hadirkan layanan "rapid test drive thru" di Soekarno-Hatta

Baca juga: Traveloka hadirkan "Online Xperience" dukung industri kreatif lokal

Baca juga: Konsumen ramai-ramai ubah tiket perjalanan, refund tiket mudik
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020