Masyarakat bisa menempatkan sedekah terbaiknya berupa bahan pangan ataupun makanan siap santap di sebuah rak yang telah disediakan oleh ACT Bekasi.
Bekasi, Jabar (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggagas gerakan lumbung sedekah pangan di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat guna membantu menjaga ketahanan pangan warga selama pandemi COVID-19 di wilayah tersebut.

Kepala Cabang ACT Bekasi Ishaq Maulana mengatakan melalui gerakan ini pihaknya mengajak masyarakat Kota Bekasi untuk memberikan sedekah terbaiknya agar dapat dimanfaatkan warga lain yang membutuhkan.

"Saat ini kita sudah memiliki satu posko wilayah di Kantor Cabang ACT serta tujuh posko unit di Bekasi," katanya di Bekasi, Rabu.

Di posko-posko unit tersebut, kata dia, masyarakat bisa menempatkan sedekah terbaiknya berupa bahan pangan ataupun makanan siap santap di sebuah rak yang telah disediakan oleh ACT Bekasi.

Ia menjelaskan posko unit lumbung sedekah pangan berlokasi di Masjid Agung Al Barkah, Alun-Alun Bekasi, Masjid Subulussalam Perumahan Pondok Cipta Bintara, serta Masjid Al Ikhlas di Perumahan Bumi Dirgantara Permai Jatiasih.

Kemudian, di Masjid Al Barokah Perumahan Dukuh Zamrud Mustikajaya, Masjid Raya Jatimulya Tambun Selatan, Masjid Baitul Ma'mur Perumahan Grand Prima Bintara, serta Masjid Al Hikmah Bintara.

"Aksi ini semoga bisa menggerakkan masyarakat untuk bersedekah sehingga bisa meringankan beban masyarakat lain yang belum juga mengalami pemulihan ekonomi. Sedekah yang bisa diberikan berupa barang bisa bahan sembako atau uang tunai," katanya.

Ishaq menjelaskan penghimpunan sedekah pangan ini dapat dipelopori mulai dari individu, komunitas, bahkan jamaah masjid hingga korporasi.

Masyarakat juga dapat menggagas lumbung sedekah pangan di rumah, masjid, kantor, dan lainnya sebagai medium pengumpulan sedekah pangan.

Dia berharap gerakan ini mampu menjadi stimulus untuk memulihkan perekonomian yang tidak menentu akibat pandemi. "Perlu ada gerakan masif untuk memperbaiki keadaan. Kebaikan ini harus dilakukan bersama-sama. Melalui Gerakan Nasional Lumbung Pangan kita berharap seluruh elemen masyarakat terlibat dalam memberikan sedekah pangan terbaiknya," kata  Ishaq Maulana.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mendukung penuh gerakan tersebut.

Dia pun mengajak warga Bekasi untuk jadi penggerak kedermawanan mulai dari lingkungan rumahnya sendiri dengan memberikan sedekah terbaik.

"Saya Wali Kota Bekasi menyatakan Bekasi siap mendukung Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan. Untuk itu saya mengajak warga Bekasi turut jadi penggerak kedermawanan dengan sedekah," katanya.

Bagi yang ingin berkontribusi dapat memberikan bantuan pangan di rak-rak yang telah disediakan, bisa juga melalui tautan http://bekasi.indonesiadermawan.id/LumbungSedekahPangan.

Baca juga: ACT bangun 28 sumur wakaf atasi krisis air Bekasi

Baca juga: ACT penuhi pangan warga Bekasi melalui Humanity Care Line

Baca juga: ACT penuhi pangan warga Bekasi melalui Humanity Care Line

Baca juga: Global Zakat-ACT bantu kekeringan warga Bekasi

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020