Solo (ANTARA News) - Lalu lintas di sejumlah ruas jalan utama di Kota Solo, Jawa Tengah, macet menjelang diadakannya upacara adat malam satu Suro atau tahun baru Islam 1431 Hijriyah.

Ribuan kendaraan bermotor dari Kota Solo dan daerah-daerah lain, Kamis malam, terlihat memadati jalan-jalan utama, seperti Jalan Slamet Riyadi, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Dr Radjiman, Jalan Veteran, dan sejumlah jalan lainnya.

Selain disebabkan padatnya kendaraan yang melintas, banyaknya warga, baik pejalan kaki maupun yang hanya duduk bersantai di sepanjang trotoar jalan juga menjadi penyebab kemacetan.

Untuk mengurangi kemacetan di sejumlah jalan utama tersebut, petugas kepolisian menutup sejumlah jalur jalan sehingga beberapa jalan menjadi satu arah, seperti yang terjadi di Jalan Jendral Sudirman.

Sementara itu, puluhan ribu orang sudah bergerombol di sepanjang jalur perlintasan kirab kerbau bule keturunan Kyai Slamet (kerbau yang dikeramatkan oleh kalangan Keraton Surakarta dan rakyatnya).

Mereka menantikan melintasnya rombongan kirab kerbau Kyai Slamet dan kemudian memperbutkan kotoran kerbau-kerbau tersebut untuk mengharapkan berkah.

Sebelumnya, ribuan warga Kota Solo dan sejumlah daerah di sekitar Solo memadati Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah, menjelang upacara adat peringatan malam 1 Suro atau tahun baru Islam 1431 Hijriyah sejak pukul 18:00.

Pada kesempatan berikutnya, Keraton Kasunanan Surakarta juga akan melangsungkan upacara adat memperingati tahun baru Islam 1431 Hijriyah dengan mengkirab sejumlah kerbau keturunan Kyai Slamet, yang dianggap sakral oleh kalangan keraton dan rakyatnya.

Upacara adat di Keraton Kasunanan Surakarta akan berlangsung sekitar Jumat dini hari (18/12) pukul 00:00 WIB atau beberapa jam usai upacara adat di Pura Mangkunegaran.

Kirab kerbau bule Kyai Slamet dilakukan dengan mengitari kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kota Solo, Jawa Tengah.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009