Pemain muda Jepang Kubo dipinjam Villarreal dari Real Madrid

Pemain muda Jepang Kubo dipinjam Villarreal dari Real Madrid

Arsip - Gelandang Real Mallorca Takefusa Kubo (kiri) berduel dengan gelandang Atletico Madrid Marcos Llorente (kanan) dalam pertandingan Liga Spanyol yang dimainkan di Stadion Wanda Metropolitan, Madrid, 3 Juli 2020. (ANTARA/AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Jakarta (ANTARA) - Pemain muda Jepang Takefusa Kubo dipinjam Villarreal untuk musim 2020/2021 dari Real Madrid, demikian diumumkan pihak klub melalui laman resminya pada Selasa.

"Real Madrid dan Villarreal telah mencapai kesepakatan perihal peminjaman Takefusa Kubo untuk musim depan, dengan ikatan yang berlangsung sampai 30 Juni 2021," demikian bunyi pernyataan dari Villarreal. Pemain sayap 19 tahun itu menghabiskan musim lalu sebagai pemain pinjaman di Real Mallorca yang terdegradasi dan mampu tampil impresif. Ia membukukan empat gol dan lima assist dari 35 penampilan di Liga Spanyol.

Salah satu penampilan terbaik Kubo adalah saat Mallorca menang 3-1 atas Villarreal pada November, ketika ia membuat timnya mendapat hadiah penalti sebelum kemudian mengukir gol melalui sepakan jarak jauh.

Baca juga: Villarreal resmi tunjuk Unai Emery sebagai pelatih baru
Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Liga Spanyol 2019/20


Bergabung ke Villarreal, yang akan tampil di Liga Europa pada musim depan serta di bawah asuhan Unai Emery, akan menjadi langkah maju berikutnya bagi sang pemain muda.

Kubo yang telah tujuh kali membela timnas Jepang, akan diperkenalkan di markas Villarreal, Stadion La Ceramica, pada Selasa malam setempat.

Villarreal melabelinya sebagai gelandang muda yang memiliki kontrol bola luar biasa, memiliki kemampuan yang menonjol untuk melewati pemain lawan, dan memiliki visi permainan yang sangat bagus.

Baca juga: Zidane manfaatkan duel lawan Mallorca untuk pantau "Messi dari Jepang"

Kubo bergabung dengan akademi Barcelona, La Masia, pada usia sepuluh tahun, dan pernah meminta tanda tangan Lionel Messi selama empat tahun berada di klub Katalan tersebut.

Namun Barca dijatuhi skors larangan transfer selama dua tahun pada 2015 setelah melanggar peraturan FIFA terkait perekrutan pemain muda, dan Kubo menjadi satu dari beberapa pemain muda yang terpaksa hengkang.

Ia kembali ke Jepang untuk bergabung dengan FC Tokyo, dan meski Barca berharap ia dapat kembali bergabung dengan mereka suatu hari kelak, Real bergerak cepat untuk merekrutnya dengan ikatan kontrak enam tahun pada tahun lalu.

Baca juga: Villarreal posisi kelima, Valladolid tutup musim dengan menang

Zinedine Zidane memuji penampilan Kubo ketika ia bermain untuk Mallorca melawan klub pemiliknya pada Juni.

"Ia adalah pemain yang sangat cerdas, ia selalu berusaha mencetak gol, dan saya tidak terkejut dengan betapa bagusnya ia bermain." kaat Zidane.

Beberapa klub Spanyol telah memperlihatkan ketertarikan untuk mendatangkan Kubo, namun Real menilai Villarreal merupakan opsi terbaik.

The Yellow Submarine finis di urutan kelima pada musim lalu, dan Emery yang menggantikan Javi Calleja sebagai pelatih diyakini memiliki harapan khusus pada pemain rekrutannya ini.

Villarreal sedang berusaha menambah kekuatan setelah kehilangan Santi Cazorla yang berlabuh di klub Qatar, Al Sadd. Mereka dilaporkan sedang berusaha mendatangkan Dani Parejo dan Francis Coquelin dari Valencia.
Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020