Tim riset sudah tes usap 21 orang relawan uji vaksin COVID-19

Tim riset sudah tes usap 21 orang relawan uji vaksin COVID-19

Calon relawan berkonsultasi dengan dokter riset uji vaksin di RSP Unpad, Kota Bandung. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 Sinovac Universitas Padjajaran (Unpad) sudah melakukan tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada 21 relawan yang bakal mengikuti uji vaksin dari Tiongkok itu.

Dokter Laboratorium Riset Uji Vaksin Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, dr Sunaryati Sudigdoadi mengatakan pengambilan tes usap itu dilakukan di RSP Unpad yang berada di Jalan Eyckman, Kota Bandung pada Senin ini.

"Kami sudah melakukan tes usap kepada 21 relawan, semuanya dalam keadaan sehat pada saat dicek," kata Sunaryati saat dihubungi di Bandung.

Baca juga: Relawan uji coba tahap tiga Vaksin Sinovac China dilindungi asuransi

Menurutnya, hasil dari tes usap itu bakal keluar pada Selasa (11/8). Apabila hasilnya negatif dari COVID-19, maka para relawan itu bisa mengikuti uji vaksin, sedangkan yang positif COVID-19, tidak diperkenankan untuk mengikuti uji vaksin.

Kemudian meski sudah dinyatakan negatif, para relawan itu harus mengikuti tes cepat untuk memastikan kesehatannya pada saat penyuntikan vaksin yang direncanakan dilakukan juga pada Selasa (11/8).

Baca juga: Sudah 1.020 orang daftar jadi relawan uji vaksin sinovac

"Dari 21 orang itu tadi semuanya sehat, ada yang anak muda, ada ibu-ibu, jadi semuanya sehat, tinggal hasilnya besok, lalu dites cepat," katanya.

"Kalau memang semuanya memenuhi syarat, pasti 21 orang itu besok dilakukan penyuntikan uji klinis vaksin," tambahnya.

Baca juga: PMI siap bantu pelaksanaan imunisasi vaksin COVID-19

Pada proses uji vaksin Selasa (11/8), Presiden Joko Widodo bakal melakukan kunjungan secara langsung ke tempat uji vaksin itu di RSP Unpad, Kota Bandung.

Selain ke RSP Unpad, rencananya Presiden juga bakal berkunjung ke PT Bio Farma di Kota Bandung, sebagai tempat produksi vaksin.

Baca juga: Tim Riset Vaksin COVID-19 Sinovac persilakan pejabat jadi relawan
Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020