Jakarta (ANTARA News) – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers pada Jumat petang menyeleksi dan memilih 18 calon anggota Dewan Pers periode 2010-2013 yang mewakili unsur wartawan, perusahaan pers, dan tokoh masyarakat.

Sebanyak 18 nama calon tersebut baru memasuki tahap pertama dalam rangkaian proses pemilihan anggota Dewan Pers 2010-2013 yang totalnya berjumlah sembilan orang. “Pemilihan tahap kedua berlangsung pada 28 Desember 2009,” kata Ketua BPPA, Karni Ilyas, usai rapat di Jakarta, Jumat.

Nama-nama calon anggota Dewan Pers itu adalah Bambang Harymurti, Bekti Nugroho, Hendri Ch. Bangun, Heru Hendratmoko, Ilham Bintang, dan Margiono mewakili unsur wartawan.

Kemudian, ABG Satria Naradha, Danie Hindrawan Soe’oed, Mario Alisjahbana, M. Ridlo ’Eisy, Shidki Wahab, Timbo Siahaan, dan Zulfiani Lubis mewakili unsur perusahaan pers. Adapun unsur tokoh masyarakat diwakili Agus Sudibyo, Amir Effendi Siregar, Bagir Manan, CHR Alex Kumara, Kamsul Hasan dan Wina Armada.

Karni mengemukakan, seleksi dan pemilihan anggota Dewan Pers yang terbuka ini tercatat ada 39 orang yang mendaftarkan diri dan persyaratan administrasi tahap awal. BPPA kemudian memilih 18 calon menuju sembilan calon akhir untuk diserahkan kepada Dewan Pers periode 2007-2010 guna mendapatkan Surat Keputusan Presiden (Keppres).

Beberapa kriteria calon anggota Dewan Pers adalah memiliki rekam jejak memperjuangkan kemerdekaan pers untuk kepentingan rakyat, memiliki integritas dan adil dalam menanggapi persoalan pers dengan publik.

BPPA Dewan Pers 2010-2013 beranggotakan Karni Ilyas (ketua, mewakili Asosiasi Televisi Indonesia/ATVSI), Abdul Manan (sekretaris, mewakili Aliansi Jurnalis Independen), Asmono Wikan (Serikat Penerbit Suratkabar/SPS), Imam Wahyudi (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia/IJTI), Irwan Hidayat (Persatuan Radio Siaran Swasta Indonesia/PRSSNI), Jimmy Silalahi (Asosiasi Televisi Lokal Indonesia/ATVLI) dan Priyambodo RH (Persatuan Wartawan Indonesia/PWI). (*)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2009