Panen lagi, kebun pangan Lantamal VIII bagi sayur gratis untuk warga

Panen lagi, kebun pangan Lantamal VIII bagi sayur gratis untuk warga

Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas melakukan panen ketimun, di lahan ketahanan pangan Lantamal VIII d Manado, Sulawesi Utara, Rabu (5/8/2020). (FOTO ANTARA/HO-Dispen Lantamal VIII)

Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII kembali melakukan panen sayuran dan buah berupa jagung, ketimun, semangka, terong serta kacang panjang pada kebun ketahanan pangan yang dikelolanya, di mana hasil panen itu dibagikan kepada seluruh personel Lantamal VIII dan masyarakat sekitar.

"Hasil panen ini dibagikan kepada seluruh personel Lantamal VIII dan masyarakat sekitar secara gratis," kata Komandan Lantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas di Manado, Kamis.

Ia mengatakan bahwa tanaman yang dipanen di saat pandemi COVID-19 pada Rabu (5/8) 2002 itu berada di lahan ketahanan pangan yang dikelola langsung seluruh personel Lantamal VIII mulai dari militer dan pegawai negeri sipil serta ibu-ibu Jalasenastri.

"Lahan seluas satu hektare tersebut ditanami berbagai macam tanaman, di antaranya jagung, ubi jalar, semangka, ketimun, kacang panjang, pokcay, sawi putih, bunga kol, cabai, bawang dan tomat," katanya.

Ia mengatakan beberapa tanaman di lahan tersebut, sebelumnya sudah pernah dipanen dan hasilnya dibagikan kepada seluruh personel Lantamal VIII dan masyarakat sekitar Markas Komando Lantamal VIII.

Tanaman yang ada di lahan ketahanan pangan Lantamal VIII ini, waktu tanamnya dilakukan berbeda-beda sehingga waktu panen pun bisa dilaksanakan beberapa kali seperti yang dilaksanakan saat ini.

Panen tersebut dipimpim Komandan Lantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas, didampingi Ketua Kordinator Cabang VIII Daerah Jalasenastri Armada II Rita Donar Rompas serta diikut para pejabat utama dan seluruh personel Lantamal VIII, Pengurus Jalasenastri.

Panen tersebut merupakan bagian kegiatan panen raya tingkat TNI AL yang bertemakan "Ketahanan Pangan Kuat Masyarakat Sejahtera" yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono langsung dari Tanjung Pasir, Tangerang, Provinsi Banten.

Baca juga: Panen di kebun ketahanan pangan Lantamal VIII dibagikan kepada warga

Baca juga: Danlantamal resmikan desa ketahanan pangan binaan Lanal Tolitoli

Baca juga: "Peduli Kasih COVID-19" Lantamal VIII sentuh nelayan

Baca juga: Lantamal VIII lakukan penyemprotan disiinfektan di KRI Fatahillah-361
Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020