Mantan pahlawan Real dan Spanyol Casillas resmi pensiun

Mantan pahlawan Real dan Spanyol Casillas resmi pensiun

Kiper Porto Iker Casillas menyelamatkan bola dalam pertandingan leg pertama babak perempat-final Liga Champions melawan Liverpool di Anfield beberapa waktu lalu. ANTARA/Reuters/Carl Recine/aa

Jakarta (ANTARA) - Mantan kiper pahlawan Real Madrid dan timnas Spanyol Iker Casillas resmi mengakhiri karier profesionalnya selama 22 tahun dan memutuskan pensiun.

Sosok yang turut membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia itu tidak pernah tampil pada pertandingan kompetitif sejak menderita masalah kesehatan serius pada Mei 2019.

Ia berhasil pulih dari serangan jantung untuk kembali bergabung dengan rekan-rekan setimnya di FC Porto, dan masuk dalam skuat tim Portugal itu untuk musim 2019/2020.

Baca juga: Iker Casillas terkena serangan jantung selagi latihan
Baca juga: Dua bulan pascaserangan jantung, Casillas kembali gabung skuat Porto


Bagaimanapun, Casillas kini memilih untuk menggantung sarung tangannya sebagaimana yang ia ungkapkan di akun Twitter resminya. "Hal terpenting adalah jalan yang Anda lalui dan orang-orang yang menemani Anda, bukan tujuannya. Menurut saya, saya dapat berkata tanpa ragu, bahwa ini adalah jalan yang tepat dan tujuan yang merupakan impian. Terima kasih," tuturnya.

Casillas mengawali karier sebagai kiper remaja di Real Madrid dan mencatatkan 725 penampilan untuk Los Blancos. Ia membantu klub ibukota itu memenangi lima gelar Liga Spanyol dan tiga gelar Liga Champions.

Baca juga: Casillas mainkan laga ke-1.000 dalam kariernya

Ia juga menjadi kapten negaranya saat Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010, serta Piala Eropa 2008 dan 2012.

Pada 2015 ia meninggalkan Real untuk bergabung dengan FC Porto. Di klub Portugal itu, Casillas mencatatkan 156 penampilan dan membantu mereka memenangi dua gelar liga.

Casillas kini terlihat ingin mencari jalur pengabdian di luar lapangan. Ia sempat mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF), sebelum kemudian mengundurkan diri akibat krisis yang disebabkan pandemi COVID-19.

Baca juga: Casillas mundur dari pencalonan presiden federasi sepak bola Spanyol

Real sendiri memberikan penghormatan kepada mantan kaptennya tersebut, dengan mengunggah pernyataan positif di laman resminya. "Real Madrid CF ingin memperlihatkan apresiasi, kekaguman, dan cinta kepada salah satu legenda terbaik untuk klub kami dan dunia sepak bola."

"Kiper terbaik sepanjang sejarah Real Madrid dan sepak bola Spanyol datang ke rumah kami saat ia masih berusia sembilan tahun. Di sinilah ikatan kami terbentuk dan bertahan selama 25 tahun, menjadi salah satu kapten paling ikonik bagi kami. Iker Casillas telah mendapatkan cinta Real Madrid dan merupakan patokan nilai-nilai yang mewakili Real Madrid," demikian sekelumit pernyataan sang juara Liga Spanyol.

Baca juga: Antara cinta dan cinta, Iker Casillas kangen Liga Spanyol
Baca juga: Presiden Porto benarkan kabar Iker Casillas segera pensiun
Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020