Pasien positif COVID-19 Kota Sorong bertambah jadi 212 orang

Pasien positif COVID-19 Kota Sorong bertambah jadi 212 orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong Ruddy Rudolf Lakku (Antara Papua Barat/Ernes Kakisina)

Sorong (ANTARA) - Jumlah pasien COVID-19 di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, bertambah 17 menjadi 212 orang menurut data terkini Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong Ruddy Rudolf Lakku di Sorong, Senin, mengatakan bahwa hari ini telah terjadi penambahan 17 pasien positif COVID-19 sehingga pasien positif menjadi 212 orang

Dia mengatakan bahwa tidak hanya penambahan 17 pasien baru, tapi juga pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh juga meningkat sehingga total pasien positif yang telah sembuh mencapai 126 orang.

Baca juga: Gugus Tugas Sorong amankan pelaku pemalsuan surat izin masuk

Baca juga: Meski COVID-19 masih tinggi, wisatawan mulai kunjungi Raja Ampat


Menurut dia, bahwa hingga 03 Agustus 2020 jumlah kasus kontak erat sebanyak 384 orang dan jumlah kasus suspek sebanyak 26 orang. Total warga kota Sorong yang telah diperiksa sampel sebanyak 2.149 orang, jumlah pemeriksaan laboratorium terbanyak di Papua Barat.

Dari hasil pemeriksaan sampel tersebut, kata dia, sebanyak 1.216 negatif dan 212 positif COVID-19. Sebanyak 126 telah sembuh dan empat orang meninggal dunia tersisa 82 orang yang masih dalam penanganan.

Rudy mengungkapkan bahwa 17 pasien baru positif COVID-19 tersebut adalah transmisi atau penyebaran lokal yang telah terjadi di kota Sorong sehingga diimbau kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona adalah tanggung jawab kita bersama. Rajin cuci tangan, selalu gunakan masker, serta menerapkan pola hidup sehat demi melindungi diri dan keluarga," katanya.*

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kota Sorong kabur dari rumah sakit

Baca juga: 27 pasien COVID-19 Sorong sembuh, 12 di antaranya tenaga kesehatan
Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020