Gempa tersebut terjadi pada Minggu (2/8) tengah malam pukul 23.44 WIB dan getarannya dirasakan pada skala III Modified Mercalli Intensity (​​​​​​MMI) di Kotamobagu
Jakarta (ANTARA) - Gempa bumi dengan magnitudo 5 mengguncang Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, pada Senin dini hari namun belum ada laporan tentang dampak gempa yang berpusat di laut sekitar 103 kilometer tenggara wilayah tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin (3/8) 2020 menyebutkan bahwa titik gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berada di koordinat 0,45 lintang selatan (LS) dan 124.41 bujur timur (BT).

Gempa tersebut terjadi pada Minggu (2/8) tengah malam pukul 23.44 WIB dan getarannya dirasakan pada skala III Modified Mercalli Intensity (​​​​​​MMI) di Kotamobagu.

Gempa bumi kerap terjadi di Indonesia karena negara kepulauan terbesar di dunia ini terletak di jalur Cincin Api Pasifik.

BMKG mencatat setidaknya terjadi 11.573 kali aktivitas gempa bumi di Indonesia dalam berbagai magnitudo dan kedalaman selama 2019.

Baca juga: Bolaang Mongondow Selatan-Sulut diguncang gempa 5,4 SR

Baca juga: Subduksi lempeng Laut Maluku penyebab gempa Bolaang Mongondow Selatan

Baca juga: Gempa Bolaang Mongondow terasa hingga bagian barat Gorontalo Utara

Baca juga: Tenggara Bolaang Uki-Bolsel diguncang gempa magnitudo 4,3

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020