Sepekan, pertambahan COVID-19 DKI jelang Idul Adha hingga ganji-genap

Sepekan, pertambahan COVID-19 DKI jelang Idul Adha hingga ganji-genap

Seekor sapi kurban sumbangan dari Presiden Joko Widodo dikirim ke Kepulauan Seribu, melalui Pelabuhan Kaliadem di Jakarta Utara, Rabu (29/7/2020). (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Selama pekan terakhir Juli 2020 berbagai informasi aktual di Ibu Kota DKI Jakarta yang menarik minat pembaca berita telah disiarkan oleh Kantor Berita ANTARA.

Informasi tersebut mulai dari perkembangan 
DKI Jakarta menjelang Idul Adha 1441 Hijriah perpanjangan PSBB transisi ketiga, hingga persiapan diberlakukan ganjil-genap.

Berikut rangkumannya dengan "klik baca selengkapnya".

1. Anies klaim kemampuan testing COVID-19 DKI lampaui standar WHO

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim kemampuan testing dengan metode "polymerase chain reaction" (PCR) di Ibu Kota sudah lebih baik, bahkan melampaui dari standar tes organisasi kesehatan dunia WHO.

"Kita sudah melakukan tes terhadap 39.268 orang baru. Kalau dihitung ekuivalennya adalah 3.688 orang per satu juta penduduk dalam seminggu," kata Anies dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya di sini

2. Anies minta pegawai laporkan protokol kesehatan di kantornya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pegawai melapor ke Pemprov DKI terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19 selama PSBB apabila tidak sesuai dengan instruksi pemerintah.

"Laporkan saja, kalau Anda bekerja di situ tempat Anda bekerja tidak menaati protokol, laporkan saja," kata Anies di Jakarta, Minggu.

Berita selengkapnya di sini

3. Pemprov DKI tegaskan larang tempat hiburan buka H-1 hingga Idul Adha

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 247/SE/2020 yang mengatur tentang waktu penyelenggaraan industri pariwisata saat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Edaran itu menegaskan larangan tempat hiburan buka H-1 hingga Idul Adha, demikian bunyi edaran tersebut yang diperoleh di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya di sini

4. DPRD DKI ditutup lima hari karena ditemukan kasus positif COVID-19

Gedung DPRD DKI Jakarta kembali ditutup selama lima hari mulai Rabu sampai Ahad (2/8) karena ditemukan kasus positif COVID-19 pada anggota dewan, staf Sekretariat DPRD dan Petugas Jasa Layanan Perorangan (PJLP) Sekretariat DPRD.

Hal tersebut dipastikan dengan adanya surat pemberitahuan penutupan yang ditandatangani Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi kepada pimpinan dan anggota DPRD DKI Jakarta. Isinya akan ada sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan.

Berita selengkapnya di sini
 Gedung DPRD DKI Jakarta kembali ditutup selama lima hari mulai Rabu sampai Ahad (2/8) karena ditemukan kasus positif COVID-19 pada anggota dewan, staf Sekretariat DPRD dan Petugas Jasa Layanan Perorangan (PJLP) Sekretariat DPRD. ANTARA/Andi Firdaus/am.


5. Sapi kurban Presiden dikirim ke Kepulauan Seribu

Seekor sapi kurban sumbangan dari Presiden Joko Widodo dikirim ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, melalui Pelabuhan Kaliadem di Jakarta Utara, Rabu.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan kiriman sapi kurban dari Presiden Jokowi merupakan pertama kali di Kepulauan Seribu.

"Kami sangat bangga mendapat perhatian langsung dari bapak Presiden,” Kata Husein di Dermaga Kaliadem, Jakarta Utara.

Berita selengkapnya di sini

6. Anies perpanjang PSBB Transisi Fase 1 untuk ketiga kalinya

Gubernur DKI Jakarta resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi Fase 1 untuk 14 hari terhitung mulai 31 Juli sampai 13 Agustus 2020.

Perpanjangan tersebut merupakan yang ketiga kalinya untuk PSBB Transisi Fase 1 setelah sebelumnya dilakukan pada 2 Juli 2020 hingga 16 Juli 2020 dan 17 Juli 2020 hingga 30 Juli 2020.

"Dengan mempertimbangkan semua kondisi maka kita memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB Masa Transisi Fase 1 untuk ketiga kalinya sampai 13 Agustus 2020," kata Anies dalam rekaman video yang disiarkan Pemprov DKI Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya di sini

7. Dishub tegaskan kebijakan ganjil genap pada Senin (3/8) bukan uji coba

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menegaskan kebijakan pembatasan kendaraan berdasarkan plat nomor ganjil dan genap pada Senin (3/8) mendatang bukan lagi uji coba, melainkan sudah operasional.

"Tidak lagi uji coba, ini langsung operasional penuh pada Senin (3/8) mendatang," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya di sini
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020