Ibas sembelih 11 sapi dan puluhan kambing di dapil Jawa Timur

Ibas sembelih 11 sapi dan puluhan kambing di dapil Jawa Timur

Anggota DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono, tampil secara virtual menyapa konstituen dan warga yang jadi panitia Idul Kurban di Trenggalek, Jumat (31/7/2020). ANTARA/HO

Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Anggota DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, menyembelih 11 sapi dan puluhan kambing yang disebar di sejumlah ponpes dan masjid yang ada di Dapil 7 Jawa Timur, mulai dari Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi.

Saat penyembelihan yang digelar pasca shalat id pada Jumat pagi itu, Ibas tak hadir langsung ke titik-titik lokasi yang dia sumbangkan hewan kurban jenis sapi maupun kambing.

Bungsu mantan Presiden Bambang Yudhoyono yang memilih merayakan idul Adha bersama keluarga karena alasan Corona itu kemudian memanfaatkan aplikasi zoom video conference untuk memantau setiap titik lokasi pemyembelihan yang dia sumbang ternak sapi/kambing.

Baca juga: Idhul Adha, Masjid Istiqlal potong 36 hewan kurban pada Sabtu

"Saya pribadi beserta seluruh keluarga mohon maaf sebesar-besarnya karena belum bisa hadir langsung untuk bersilaturahim langsung dengan warga. Situasi Corona yang belum menentu membuat kami memilih opsi silaturahim secara virtual ini," ujarnya.

Kesempatan zoom video juga dimanfaatkan Ibas untuk lebih mendekatkan diri dengan warganya.

Ia sapa warga dan penghuni pondok maupun jamaah/pengurus masjid di sela kesibukan mereka mengepak dan mendistribusikan daging kurban kepada warga lain, termasuk kalangan dhuafa, yatim maupun warga lain di sekitarnya.

Baca juga: Demokrat kurban 15 ekor sapi dan 4.650 kemasan rendang pada masyarakat

"Semoga dengan menjalankan ibadah kurban bisa menambah rasa belas kasih kepada sesama, saling peduli dan berbagi. Mari jadikan momentum hari raya kurban ini sebagai sarana untuk mempererat rasa persaudaraan antarumat beragama," katanya, dalam bahasa Jawa.

Sepertinya ketua Fraksi Demokrat di DPR ini sengaja menyapa warga di daerah basis pemilihannya itu dengan bahasa daerah dengan harapan bisa lebih komunikatif dengan warganya.

Meskipun percobaan tersebut dia lakukan dengan dialek yang sedikit kaku, namun hal itu cukup membuat warga dan jamaah yang mengikuti program zoom video terlihat senang dan beberapa kali tertawa.

Baca juga: Fakta nutrisi di balik daging kambing

Hari raya kurban tahun ini Ibas menyumbangkan 11 sapi dan lebih dari 20 kambing ke sejumlah titik lokasi yang menggelar penyembelihan kurban.

Hewan kurban dari Ibas di bagikan merata di lima kabupaten yang ada di Dapil 7 Jawa Timur, daerah basis pemilihannya, yakni Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Magetan dan Ngawi.

Ibas berharap situasi pandemi segera berangsur normal. Jawa Timur kembali "menghijau" sehingga dia bisa segera "turun gunung" bertemu dengan para warga serta konstituennya secara langsung seperti sebelum Covid-19 melanda seperti sekarang. 
Pewarta : Destyan H. Sujarwoko
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020