Jumlah tempat pemotongan hewan untuk hari ini ada di 58 titik
Jakarta (ANTARA) - (Plt) Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, Suharini Eliawati menyebutkan sedikitnya ada 58 titik pemotongan hewan kurban di wilayah ini, Jumat, sebagai bagian dari pelaksanaan Idul Adha 1441 H.

"Jumlah tempat pemotongan hewan untuk hari ini ada di 58 titik. Berkurang jauh dari tahun lalu yang mencapai 144 titik. Kita pahami karena tahun ini banyak yang langsung membawa ke rumah potong hewan (RPH)," kata Suharini saat dikonfirmasi, di Jakarta, Jumat.

Ia menyampaikan titik pemotongan hewan kurban terbanyak berada di Kecamatan Kemayoran.

"Di Kemayoran ada 18 titik pemotongan (hewan kurban), itu wilayah yang paling banyak memotong hewan kurban hari ini," ujar Suharini.

Lebih lanjut, dijelaskan, 58 titik itu tersebar di delapan kecamatan dan dari seluruh kecamatan dipastikan pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilakukan.

Baca juga: Total hewan kurban di Jakarta Timur capai 32.403 ekor

"Tidak ada wilayah yang tidak memotong hewan kurban hari ini. Seluruhnya ada (yang memotong) tapi memang jumlahnya tidak banyak seperti tahun lalu. Selain itu, mungkin karena bertepatan dengan waktu ibadah Shalat Jumat sehingga diperkirakan orang-orang lebih memilih melakukan pemotongan besok (Sabtu)," ujar Suharini.

Meski demikian ia belum mengetahui berapa jumlah pasti hewan kurban yang akan dipotong pada Jumat ini.

"Hingga siang ini baru ada 530 hewan, nanti akan pengkinian lagi di sore hari," kata Suharini.

Lebih lanjut, Suharini mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan selama proses kurban dilakukan.

"Masyarakat yang tahun ini membeli hewan kurban diharapkan tidak menghadiri langsung ke lokasi pemotongan, hal ini untuk menghindari kerumunan, baik oleh panitia penyelenggara, orang yang berkurban, maupun para mustahik (orang yang berhak menerima kurban)," ujar Suharini.

Baca juga: Masjid Al Azhar distribusikan daging kurban langsung ke penerima

Di Jakarta Pusat hingga Jumat (31/7), tercatat ada 128 lokasi penampungan hewan kurban dengan hewan kurban berjumlah 5.954 ekor dan sudah diperiksa oleh petugas dari Sudin KPKP Jakarta Pusat.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020