Ini kami menitipkan sapi dengan berat 1,3 ton
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya Ahmad Riza Patria menyumbang masing-masing satu Sapi Limosin dengan berat 1,3 ton dan  satu ton untuk menambah hewan kurban pegawai negeri sipil (PNS) se-Jakarta sebanyak 156 sapi dan 259 kambing.

"Ini kami menitipkan sapi dengan berat 1,3 ton, kemudian sapi yang dari Pak Wagub tadi beratnya satu ton, yang nanti akan dipotong di RPH (Rumah Potong Hewan) Dharma Jaya," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Anies menyebut pemotongan tersebut dilakukan di RPH Dharma Jaya demi menghindari kerumunan.

"Total di RPH sana ada lebih dari 800 sapi (sebagai hewan kurban). Tetapi dari Pemprov DKI Jakarta sendiri, 160 ekor sapi yang dari dari Pemprov DKI Jakarta yang dititipkan di Dharma Jaya. Jadi pemotongannya tidak di sini, tapi di Dharma Jaya," ucapnya.

Baca juga: Total hewan kurban di Jakarta Timur capai 32.403 ekor
Baca juga: Agar tetap sehat saat santap hidangan Idul Adha


Sapi-sapi tersebut kemudian diangkut oleh truk untuk kemudian dipercayakan pada PD Dharma Jaya untuk dipotong dan didistribusikan oleh empat lembaga zakat yakni Baznas-Bazis DKI, Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Yayasan Rumah Zakat dan Human Initiative pada masyarakat kurang mampu.

Sebelumnya, Anies menyerahkan hewan kurban sebanyak 34 ekor sapi yang bersumber dari aparatur sipil negara (ASN) DKI Jakarta melalui KORPRI sebanyak 12 sapi, BUMD Academy sejumlah 20 sapi, PT JNE sebanyak dua sapi dan Bank DKI Syariah sejumlah dua sapi.

Adapun pemotongan hewan kurban dilakukan di RPH Dharma Jaya sekaligus memastikan kesehatan hewan, menjamin kualitas dan kebersihan daging yang dihasilkan dari proses pemotongan, hingga pengolahannya.

PD Dharma Jaya juga akan memastikan pemotongan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam dan penerapan protokol kesehatan pencegahan wabah COVID-19.

Baca juga: Anies ikuti Shalat Idul Adha di Masjid Fatahillah Balai Kota
Baca juga: Yayasan Pesantren Al Azhar terima 956 hewan kurban Idul Adha 1441H


Di RPH Dharma Jaya, juga sekaligus memastikan kesiapan RPH dan TPH DKI Jakarta untuk menyambut Idul Adha yaitu: pertama pemastian kesehatan hewan, menjamin kualitas dan kebersihan daging yang dihasilkan dari proses pemotongan dan pengolahannnya. Kedua, pemotongan sesuai syariat Islam dan ketiga, penerapan protokol COVID-19.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020