Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti mengatakan bahwa skuatnya akan kembali menjalani pemusatan latihan (TC) mulai 9 Agustus 2020.

"Rencananya tanggal 9 Agustus kami berkumpul lagi," ujar Bima, dikutip dari keterangan resmi PSSI di Jakarta, Selasa.

TC timnas U-16 pada bulan Agustus 2020 masih akan dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, seperti TC perdana di tengah pandemi yang berlangsung 6-29 Juli 2020.

Baca juga: Bima: Timnas U-16 petik pelajaran dari hasil imbang lawan Bina Taruna

Bima menargetkan timnas U-16 dapat menjalani latihan yang optimal dengan peningkatan intensitas pada Agustus 2020.

Sebab, berkaca dari TC bulan Juli 2020, timnas U-16 praktis hanya berlatih secara normal di lapangan selama sekitar satu minggu.

Selebihnya, para pemain lebih banyak melakukan latihan yang bertujuan untuk adaptasi fisik. Hal itu karena TC Juli 2020 digelar setelah selama kurang lebih tiga bulan skuat diliburkan di rumah akibat pandemi COVID-19.

"Kami terpotong sekitar dua minggu. Kemarin kami banyak melakukan latihan individu seperti sirkuit (circuit training). Hanya satu minggu latihan normal seperti biasa," tutur Bima.

Baca juga: Timnas U-16 jalani laga uji coba kedua pada Selasa

Untuk TC pada Agustus, Bima Sakti tidak memanggil pemain yang 100 persen sama dengan 26 pemain di TC sebelumnya.

"Kami menentukan lagi siapa-siapa yang dipanggil untuk TC Agustus," kata juru taktik timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tersebut.

Gelandang timnas U-16 Muhammad Valeron menegaskan bahwa dirinya akan menunjukkan performa lebih baik jika kembali masuk skuat untuk menjalani TC saat pandemi COVID-19.

"Semoga TC di bulan depan lebih baik. Saya sendiri tidak kesulitan menjalani TC dengan protokol kesehatan," tutur Valeron.

TC timnas U-16 dilakukan sebagai persiapan untuk bertanding di Piala Asia U-16 2020 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain.

Baca juga: Bima Sakti berharap Ruy Arianto pulih sebelum Piala Asia U-16
Baca juga: Bima Sakti: Masalah adaptasi jadi alasan pencoretan Krisna

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020