Untuk shalat Idul Adha, Kota Jayapura siapkan 101 masjid dan lapangan

Untuk shalat Idul Adha, Kota Jayapura siapkan 101 masjid dan lapangan

Wakil Wali Kota Jayapura, Provinsi Papua Rustan Saru. (FOTO ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua saat ini menyiapkan sebanyak 101 tempat, yakni terdiri atas masjid dan lapangan untuk pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 H di masa pandemi COVID-19.
 
"Ratusan tempat yang menjadi lokasi shalat Idul Adha 1441 Hijriah itu terdiri atas masjid dan lapangan yang tersebar di lima distrik," kata Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru kepada ANTARA di Jayapura, Selasa malam.

Ia menjelaskan  bahwa dalam melaksanakan shalat Idul Adha akan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan di era pandemi COVID-19 dan panitia diminta untuk menyediakan tempat cuci tangan serta pengukur suhu badan.
 
Protokol kesehatan, kata dia, harus benar-benar diterapkan sehingga panitia diminta mengatur jarak bagi masyarakat yang melaksanakan shalat Idul Adha yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (31/7) 2020.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga diminta tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Menurut dia tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bersama Kemenag Kota Jayapura akan memantau pelaksanaan shalat Idul Adha itu.
 
Ia menambahkan berdasarkan data sementara yang diterima jumlah hewan kurban yang akan disembelih sebanyak 550 ekor, 21 ekor di antaranya kambing.

"Saat pemotongan hewan kurban dan pembagiannya kita minta agar tidak dilakukan sekaligus guna menghindari terjadinya kerumunan orang banyak," demikian Rustan Saru.
Pewarta : Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020