Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan iklim berusaha yang kondusif melalui kebijakan strategis, yang bisa menjadi daya tarik bagi para investor asing maupun domestik...
Jakarta (ANTARA) - Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia investasi sektor manufaktur naik 23,9 persen pada semester I/2020 menjadi Rp129,6 triliun dibandingkan periode yang sama pada 2019 yang hanya Rp104,6 triliun

“Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan iklim berusaha yang kondusif melalui kebijakan strategis, yang bisa menjadi daya tarik bagi para investor asing maupun domestik supaya mereka semakin percaya diri menanamkan modalnya di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat menghadiri seminar web bertajuk Mir-Year Economic Outlook 2020 di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sektor industri memberikan kontribusi signifikan terhadap perolehan devisa pada periode Januari-Juni 2020 dengan menyumbang 32,2 persen dari total nilai investasi yang mencapai Rp402,6 triliun.

Baca juga: Menperin: Investasi manufaktur kuartal I naik 44 persen

Adapun lima sektor yang menanamkan modalnya paling besar selama enam bulan pertama tahun ini adalah industri logam dasar, barang logam, bukan mesin (Rp45,2 triliun), industri makanan (Rp26,6 triliun), industri kimia dan farmasi (Rp19,5 triliun), industri mineral non-logam (Rp6,1 triliun), dan industri kendaraan bermotor dan alat transportasi (Rp6 triliun).

Realisasi modal dari sektor industri ini sekaligus menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi negara tujuan utama untuk dijadikan basis produksi guna memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Menperin menegaskan pihaknya selama ini proaktif menggaet investor sektor industri yang potensial untuk menanamkan modalnya di Indonesia, termasuk bagi yang ingin merelokasi pabriknya. Sektor-sektor yang menjadi incaran antara lain industri padat karya, substitusi impor, dan berteknologi tinggi.

Baca juga: Untuk gaet relokasi investasi, pemerintah perlu beri insentif fiskal

“Kami mendorong investasi ini untuk memproduksi barang-barang pengganti-impor serta meningkatkan penggunaan bahan baku yang diproduksi secara lokal dan barang setengah jadi,” ujar Menperin.

Menurut Menperin, di tengah dampak pandemi COVID-19 ada pelajaran berharga yang didapat, misalnya mengetahui seberapa dalam struktur manufaktur di dalam negeri. “Hal ini terlihat karena kita masih butuh beberapa bahan baku atau barang modal dari negara lain, baik itu hasil sektor hulu maupun intermediate. Jadi, apabila negara asal tersebut sedang terguncang, kita juga ikut terpengaruh,” ujar Menperin.

Baca juga: BKPM: Industri makanan paling diminati investor

Maka itu penguatan rantai pasok yang terintegrasi menjadi penting guna meningkatkan daya saing industri manufaktur di Tanah air.

“Kami telah memfasilitasi pembangunan kawasan-kawasan industri terpadu yang bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk menarik investor skala global,” ungkap Menperin. Selama lima tahun terakhir, terjadi peningkatan pengembangan kawasan industri dari sisi jumlah dan luasannya.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat dari sisi jumlah kawasan industri, terjadi peningkatan sebesar 40 persen, sedangkan dari sisi luas meningkat sebesar 16.238,59 hektare. Hingga saat ini di Indonesia terdapat sebanyak 112 kawasan industri dengan total luas lahan sebesar 52 ribu hektare.

“Sebanyak 27 kawasan industri sedang kami pacu pengembangannya hingga tahun 2024, yang tersebar di berbagai wilayah seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua,” ujar Menperin.

Baca juga: Kemenperin akselerasi kesiapan KIT Batang tampung relokasi investor

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020