DPKH Kaltim siapkan sapi kurban Presiden Jokowi

DPKH Kaltim siapkan sapi kurban Presiden Jokowi

Sapi kurban Presiden Jokowi, berjenis sapi Simental dengan berat 968 kg, yang diperoleh dari peternak di Kelurahan Lempake, Samarinda. (Arumanto)

Samarinda (ANTARA) - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim Dadang Sudarya mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan sapi kurban untuk Presiden Joko Widodo yakni sapi seberat hampir 1 ton.

"Kami sudah mendapatkan sapi sesuai standar dan berat yang telah ditentukan tim kepresidenan," kata Dadang Sudarya di Samarinda, Senin. 

Baca juga: Pemerintah Aceh terima sapi kurban dari Presiden seberat 856 Kg

Dadang menjelaskan bahwa sapi kurban Presiden Jokowi punya kriteria antara lain yakni harus sehat dan bebas penyakit karenanya terlebih dulu diperiksa kesehatannya di laboratorium sebelum diambil.

"Sapi itu harus betul-betul memenuhi syarat mulai dari beratnya sampai kesehatananya, sesuai standar yang telah ditentukan tim kepresidenan," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi siapkan sapi kurban berbobot 1,3 ton untuk Kalteng

Sapi kurban Presiden Jokowi, lanjut Dadang Sudarya berjenis sapi Simental dengan berat 968 kg, yang diperoleh dari peternak di Kelurahan Lempake, Samarinda.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, selalu menyumbang sapi kurban kepada setiap provinsi.

Baca juga: Jokowi sumbangkan dua ekor sapi untuk Surakarta

Baca juga: Presiden akan berkurban sapi bobot 1 ton untuk warga Banjarmasin

Seperti tahun ini, pada pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H Presiden Jokowi kembali menyumbangkan satu ekor sapi kurban kepada Pemprov Kaltim.

Menurut Dadang Sudarya, setiap tahun tim kepresidenan meminta DPKH Kaltim untuk mencari dan membeli hewan kurban untuk Presiden Jokowi.

Selanjutnya, lanjut Dadang sapi tersebut akan disumbangkan kepada Pemprov Kaltim untuk diserahkan ke panitia kurban di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda.

"Kami bersyukur tahun ini bisa mendapatkan sapi sesuai standar dan berat yang telah ditentukan tim kepresidenan," tegas Dadang.

Baca juga: Presiden kurban di Padang, 600 warga kebagian kupon

 

Pewarta : Arumanto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020