Wakil Ketua DPRD DKI usulkan Museum Kota Tua disewakan untuk rapat

Wakil Ketua DPRD DKI  usulkan Museum Kota Tua disewakan untuk rapat

Suasana kawasan wisata Kota Tua Jakarta, Sabtu (20/6/2020). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mengusulkan Museum Kota Tua disewakan untuk keperluan rapat sebagai upaya  mengoptimalkan pendapatan anggaran daerah.

"Bagaimana mengoptimalkan peran museum (Kota Tua) kenapa  gak dijadikan sarana meeting room? (oleh) Siapa saja, jadiin dong," kata M Taufik di Ancol, Jakarta Utara, Minggu.

Baca juga: Durasi kunjungan museum di Jakarta dibatasi hanya satu jam

Bila nantinya dirubah dan dikelola dengan baik, lanjut Taufik, perusahaan yang ada di Jakarta didorong untuk rapat di sana yang menurutnya memiliki keunikan sendiri karena akan berefek pada sejarah lokasi tersebut.

"Kan lumayan tuh, dia ongkos meetingnya. Kemudian, habis meeting dia lihat, apa-apa yang ada di meseum itu. Kan beda suasananya. Tidak mesti di hotel," ucap dia.

Baca juga: Lima tempat yang bisa dikunjungi untuk melepas penat di Jakarta

Untuk merealisasikan hal tersebut, politikus Gerindra itu mengaku pihak legislatif akan memanggil Dinas Kebudayaan agar tempat wisata sejarah di ibu kota itu diperhatikan dan diusulkan diubah menjadi tempat rapat yang nantinya bernilai ekonomi.

"Setiap museum ada meeting roomnya. Nanti kami bilang ke dinas kebudayaan, kamu berdayakan ini museum," ujarnya.

Baca juga: Museum Sejarah Jakarta persingkat jam kunjungan

Setelah dikelola dengan baik, kata Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini, Kota Tua harus menjalankan fungsinya sebagai tempat belajar siswa sekolah di Jakarta tentang sejarah kawasan tersebut.

"Abis itu wajib dong anak-anak sekolah, tonton nih museum. Yang menarik buat saya adalah multifungsi," tuturnya.
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020