Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan penanaman 5.000 bibit bakau di Pantai Desa Bhaskara Bhakti, Kabupaten Bangka Tengah, dalam rangkaian acara peringatan Hari Bakau Sedunia.

"Kita berharap penanaman bakau ini dapat memulihkan kembali lingkungan pantai dari kerusakan dan abrasi," kata Kepala Bidang Pemeliharaan, Pengelolaan Sampah, dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mega Oktarian dalam acara penanaman bibit bakau di Pantai Bhaskara Bhakti, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa penanaman 5.000 bibit bakau di Pantai Bhaskara Bhakti dilakukan secara bertahap dengan penanaman 3.000 bibit bakau tahap pertama, penanaman 1.000 bibit bakau pada tahap kedua, dan penanaman 1.000 bibit bakau pada tahap ketiga.

Mega menekankan pentingnya peran hutan bakau bagi ekosistem pantai dan kawasan pesisir dan berharap masyarakat ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian hutan bakau.

"Dalam melestarikan hutan bakau ini, kita menggandeng warga sekitar agar mereka ikut berperan menjaga dan mencegah perusakan hutan yang dilakukan orang-orang yang tidak bertanggung jawab," katanya. 

Ia menambahkan, PT Pelindo (Persero) dan Botanical Group For Environment mendukung kegiatan penanaman 5.000 bibit bakau dan pemberian paket bantuan sembako bagi warga di kawasan Pantai Bhaskara Bhakti.

Baca juga:
LIPI: Hutan bakau Indonesia dalam kondisi baik
Pecinta lingkungan tanam 20 ribu bibit bakau di Aceh Timur

Pewarta: Aprionis
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020