GTPP Bali: 86 kasus baru positif COVID-19 karena transmisi lokal

GTPP Bali: 86 kasus baru positif COVID-19 karena transmisi lokal

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra. ANTARA/HO-Dok Pemprov Bali

Denpasar (ANTARA) - Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan penambahan 86 kasus positif COVID-19 semuanya merupakan kasus transmisi lokal.

"Sebanyak 86 kasus baru hari ini, mayoritas disumbang Kota Denpasar (21) dan Klungkung (21). Kemudian Kabupaten Badung (15), Bangli (11), Gianyar (7), Karangasem (4), Buleleng (4), dan Tabanan (3)," kata Dewa Indra yang juga Sekda Provinsi Bali itu di Denpasar, Jumat.

Baca juga: Wagub Kaltim minta masyarakat waspadai transmisi lokal di Samarinda

Dengan demikian, hingga Jumat ini kasus positif COVID-19 di Provinsi Bali secara kumulatif menjadi 2.619 orang.

Dewa Indra pun menyoroti dari hari ke hari semakin tingginya kasus transmisi lokal COVID-19 di daerah setempat yang hingga Jumat ini secara kumulatif sudah sebanyak 2.240 orang.

"Jika dipersentasekan, kasus transmisi lokal di daerah kita sudah 85,52 persen dari jumlah total kasus," ujar birokrat asal Pemaron Kabupaten Buleleng itu.

Baca juga: Transmisi lokal COVID-19 di Bali capai 77,74 persen, sebut GTPP

Peningkatan kasus transmisi lokal COVID-19 ini mulai terjadi sejak awal Juni lalu, sedangkan pada awal-awal kemunculan kasus COVID-19 di Provinsi Bali didominasi oleh pekerja migran Indonesia yang telah pulang.

Menurut dia, kesadaran dan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan tatanan kehidupan era baru menuju masyarakat Bali yang produktif dan bebas COVID-19.

Baca juga: Melalui binter, TNI disiplinkan warga tekan transmisi lokal di Bali

"Untuk itu, marilah kita laksanakan protokol kesehatan dengan disiplin untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan atau keramaian," kata Dewa Indra.

Dia menambahkan pada hari ini juga dilaporkan ada penambahan sebanyak 88 orang pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh, sehingga secara kumulatif jumlah pasien yang telah sembuh menjadi 1.807 orang (69,99 persen).

Namun, Jumat ini GTPP COVID-19 Provinsi Bali juga menerima laporan ada tiga pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia yakni masing-masing satu orang dari Kabupaten Badung, Gianyar dan Karangasem.

"Secara kumulatif jumlah pasien yang meninggal dunia karena COVID-19 di daerah kita menjadi 35 orang (1,34 persen)," kata Dewa Indra.

Sedangkan pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan hingga saat ini sebanyak 777 orang yang dirawat di 17 RS rujukan dan juga di sejumlah tempat karantina maupun hotel yang telah disiapkan GTPP COVID-19 Provinsi Bali.
Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020