Pelatih berikan beragam hiburan bagi timnas U-16 atasi tekanan pandemi

Pelatih berikan beragam hiburan bagi timnas U-16 atasi tekanan pandemi

Pemain Timnas U-16 Indonesia melakukan peregangan dalam sesi latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2019). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti memberikan beragam hiburan kepada skuatnya untuk mengatasi tekanan mental selama mengikuti pemusatan latihan (TC) yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

“Salah satunya, kami membeli konsol gim Playstation 4 dan membuat kompetisi gim setiap hari Minggu,” ujar Bima dalam pertemuan virtual yang diikuti di Jakarta, Sabtu.

Para pemenang kompetisi itu akan mendapatkan hadiah dari ofisial timnas U-16.

Selain gim konsol, timnas U-16 membuat juga turnamen internal gim elektronik Mobile Legends. Sebagai informasi, gim ini juga masuk dalam cabang olahraga elektronik dan dipertandingkan di SEA Games 2019.

“Kalau untuk Mobile Legends, jurinya pelatih Markus (pelatih kiper Markus Horison),” tutur Bima.

Baca juga: Pemain timnas U-16 didenda jika berat badan naik
Baca juga: Bima Sakti: Shin Tae-yong pantau fisik timnas U-16

 

Timnas U-16 Indonesia menjalani TC di tengah pandemi COVID-19 yang membuat semua aktivitas mereka diatur oleh protokol kesehatan.

Salah satunya yaitu para pemain, pelatih dan ofisial tidak diperbolehkan keluar dari hotel tempat menginap termasuk pada hari libur. Padahal, biasanya ketika TC sebelum pandemi, pemain dibolehkan jalan-jalan saat senggang untuk menyegarkan pikiran.

Kondisi itu membuat Bima Sakti dan stafnya mencari cara agar timnya tidak stres.

Di samping bermain gim, Bima juga menginstruksikan pemainnya untuk menenangkan diri dengan ibadah.

Para pemain timnas U-16 saat ini lebih memilih untuk beribadah virtual dari hotel. Sementara khusus bagi yang muslim, pelatih menginstruksikan agar melaksanakan shalat secara pribadi di kamar masing-masing.

“Namun, untuk yang muslim, saya menantang mereka untuk menghapal sebanyak-banyaknya surat di Al Quran. Nanti di akhir TC, tanggal 29 Juli, penghapal terbanyak akan mendapatkan hadiah dari saya,” kata Bima.

Baca juga: Bima Sakti: tim Piala Asia U-16 terbentuk Oktober atau November 2020
Baca juga: Timnas U-16 ingin hadapi Korut, Korsel, dan Yordania

Timnas U-16 melakukan TC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 6-29 Juli 2020. Ada 26 pemain yang mengikuti kegiatan tersebut

TC digelar sebagai persiapan menuju Piala Asia U-16 2020 yang bergulir pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain.

Di turnamen itu, timnas U-16 Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang. Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di laga perdana Grup D pada Jumat (27/11), kemudian melawan China pada Senin (30/11) dan Jepang pada Kamis (3/12).

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020