Jakarta (ANTARA) - Real Madrid berhasil mengatasi tamunya Alaves 2-0 dalam pertandingan yang kembali diwarnai hadiah tendangan penalti untuk laga pekan ke-35 Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Alfredo di Stefano, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Gol pembuka keunggulan Real Madrid dicetak Karim Benzema dari titik putih, menandai hadiah penalti kelima dari wasit dalam enam pertandingan terakhir Los Blancos.

Lantas Marco Asensio melengkapi kemenangan Real Madrid lewat golnya, yang membuat tim besutan Zinedine Zidane itu kian mantap di puncak klasemen dengan koleksi 80 poin alias unggul empat poin dari juara bertahan Barcelona (76).

Sedangkan bagi Alaves (35) hasil itu membuat mereka tertahan di bibir jurang degradasi cuma punya keunggulan tiga poin di atas zona merah, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Baca juga: Ramos tegaskan jika Real Madrid juara bukan karena bantuan wasit
Baca juga: Klasemen Liga Spanyol setelah Barcelona kirim Espanyol ke kasta kedua


Tim tamu sebetulnya sempat mengancam lebih dulu ketika Brais Mendez mengirim umpan silang yang disambut Joselu, sayang tandukannya membentur mistar gawang. Bola liar berusaha disambar oleh Lucas Perez, tetapi Raphael Varane berjaga menghalaunya tepat di garis gawang.

Real Madrid balas menyerang dan pada menit ke-11 memperoleh hadiah tendangan penalti dari wasit Jesus Gil Manzano setelah Ferland Mendy dijatuhkan oleh Navarro Ximo di dalam area terlarang dan keputusan itu dikonfirmasi oleh VAR.

Kapten Sergio Ramos yang biasanya jadi algojo duduk di bangku cadangan dan kali ini Benzema menghadapi bola untuk melepaskan eksekusi yang sukses mengecoh kiper Roberto Jimenez demi membuka keunggulan Real Madrid.

Keunggulan Real Madrid hampir berganda pada menit ke-13 tetapi tembakan jarak jauh Toni Kroos masih tipis di atas mistar gawang, sedangkan aksi Mendy menyudahi kerja sama umpan satu dua sentuhan dengan umpan tarik dihadang Victor Camarasa sebelum Jimenez mengamankan bola sepenuhnya.

Alaves berpeluang membalas pada menit ke-25, tetapi tembakan mendatar Oliver Burke masih mudah dijinakkan kiper Thibaut Courtois.

Burke kembali memperlihatkan kepiawaiannya dengan memperdaya Lucas Vazquez dan Eder Militao sebelum mengirim umpan tarik, yang sayangnya diselesaikan dengan tembakan melenceng oleh Joselu.

Baca juga: Jovic isolasi mandiri karena kontak teman terpapar COVID-19
Baca juga: Zidane sebut Real Madrid tidak istirahat sebelum jadi juara


Keunggulan Real Madrid bertahan hingga istirahat dan lima menit memasuki babak kedua Asensio berhasil menggandakannya ketika menyelesaikan umpan tarik kiriman Benzema. VAR sempat meninjau proses serangan untuk memastikan Benzema tak berada dalam posisi offside ketika menerima umpan terobosan Rodrygo Goes.

Dua peluang diperoleh Real Madrid untuk menambah keunggulan tetapi Jimenez sigap menggagalkan tembakan Benzema dan Rodrygo.

Di sisi lapangan yang berbeda, Courtois juga melakukan dua penyelamatan gemilang untuk menghentikan umpan silang serta tembakan Mendez.

Pada menit ke-77, Real Madrid seharusnya menambah keunggulan ketika Benzema mengirim umpan yang berhasil dikejar Rodrygo, tetapi talenta muda Brazil itu gagal menaklukkan Jimenez di area tiang dekat.

Skor 2-0 tak berubah hingga peluit tanda laga usai, membuat Real Madrid satu langkah lebih dekat untuk memastikan gelar juara.

Real Madrid akan terus mendekati gelar juara jika berhasil menang di markas Granada dalam laga pekan ke-36 pada Senin (13/7) waktu setempat, beberapa jam setelah Alaves menjamu Getafe di Mendizorroza.

Baca juga: Pecundangi Sociedad, Granada terus dekati zona Eropa
Baca juga: Sevilla bangkit tundukkan Bilbao, bayangi Atletico di tiga besar
Baca juga: Mallorca perbesar peluang hindari degradasi setelah atasi Levante


Susunan pemain:

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Eder Militao, Raphael Varane, Ferland Mendy; Toni Kroos, Casemiro (Brahim Diaz), Luka Modric (Federico Valverde); Rodrygo Goes (Isco), Karim Benzema (Eden Hazard), Marco Asensio (Vinicius Junior)
Pelatih: Zinedine Zidane

Alaves (4-4-2): Roberto Jimenez; Navarro Ximo (Martin Aguirregabiria), Victor Laguardia, Rodrigo Ely, Adrian Marin; Oliver Burke, Victor Camarasa, Ljubomir Fejsa (Abdallahi Mahmoud), Edgar Mendez (Borja Sainz); Lucas Perez (Luis Rioja), Joselu (Jose Luis Rodriguez)
Pelatih: Juan Muniz

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020