TNGC juga masih menunggu arahan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 pusat serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait pembukaan jalur pendakian
Kuningan, Jabar (ANTARA) - Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dalam masa pandemi COVID-19 ini masih menutup pendakian ke puncak gunung tertinggi di Provinsi Jawa Barat itu, namun sejak 26 Juni 2020 sudah membuka jalur "tracking" khusus bagi warga yang berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) saja.
.
"Kalau pendakian untuk sampai ke puncak Gunung Ciremai belum dibuka," kata Humas Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Agus Yudantara di Kabupaten Kuningan, Kamis.

Menurut dia sampai saat ini TNGC masih melakukan kajian untuk pembukaan pendakian dan menunggu perkembangan pandemi COVID-19.

Selain itu, TNGC juga masih menunggu arahan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 pusat serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait pembukaan jalur pendakian.

"Untuk pembukaan masih dalam kajian dan menunggu perkembangan pandemi serta arahan tim GTPP COVID-19 pusat dan juga dari Kementerian LHK," katanya.

Ia menambahkan TNGC mulai tanggal 26 Juni 2020 lalu sudah membuka jalur "tracking". Hanya saja, masih dikhususkan untuk warga yang berasal dari wilayah Ciayumajakuning.

"'Tracking' sejak tanggal 26 Juni lalu sudah dibuka. Sementara baru warga Ciayumajakuning saja," katanya.

Pihaknya menegaskan bahwa untuk "tracking" ini warga tidak boleh sampai ke puncak Gunung Ciremai dan jam oprasional juga dibatasi dari jam 09.00 WIB sampai 15.00 WIB.

"Kalau 'tracking' sampai pos yang sudah ditentukan misal pos 3 bisa dilakukan dengan catatan tidak berkemah dengan jam operasional jam 09.00 WIB sampai jam 15.00 WIB sudah kembali ke pos 1," demikian Agus Yudantara.

Baca juga: 29 taman nasional-taman wisata alam dibuka bertahap, sebut Menteri LHK

Baca juga: Balai TNGC berdayakan perambah melalui ekowisata

Baca juga: Peralihan fungsi TN Gunung Ciremai perlu dibahas komprehensif

Baca juga: 144 hektare kawasan TN Gunung Ciremai hangus terbakar

Baca juga: Kebakaran kawasan Gunung Ciremai dapat dipadamkan

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020