Politeknik Negeri Sambas siap terima 555 mahasiswa baru

Politeknik Negeri Sambas siap terima 555 mahasiswa baru

Kampus Poltesa. (ANTARA/Poltesa)

Pontianak (ANTARA) - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), Kalimantan Barat, melalui tiga jalur seleksi siap tampung 555 mahasiswa baru pada tahun ajaran 2020.

"Penerimaan mahasiswa baru Poltesa itu ada tiga jalur, yaitu SNMPN, SBMPN dan jalur mandiri dan kita akan menerima mahasiswa baru sebanyak 555 mahasiswa tahun ini untuk 9 prodi," ujar wakil direktur III Poltesa Sambas, Yuliansyah di saat dihungi di Sambas, Sabtu.

Yuliansyah mengatakan untuk seleksi jalur SBMPN tahun 2020 tidak dilakukan dengan tes tertulis seperti yang dilakukan tahun sebelumnya.

"Untuk SBMPN kita lakukan seleksi berkas portofolio pendaftar, seperti nilai rapor, identitas latar belakang ekonomi dan sebagainya, sama seperti kampus-kampus negeri yang lain," ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa di perbatasan Indonesia-Malaysia siap amalkan Pancasila

Baca juga: Enam mahasiswa Politeknik Negeri Sambas siap berangkat ke Jepang


Adapun terkait aktivitas pembelajaran Ia mengatakan mahasiswa saat ini masih kuliah secara dering.

"Kuliah dering ini juga banyak kendalanya, terutama bagi mahasiswa kita yang ada di desa dengan jaringan internet terbatas, akan tetapi terkait masalah jaringan itu sudah di luar ranah kita," katanya.

Untuk membantu mahasiswa saat kuliah dering, Poltesa Sambas memberikan kuota internet gratis kepada seluruh mahasiswanya yang dialokasikan selama 3 bulan dan akan diberikan satu bulan sekali untuk mahasiswa dimulai dari bulan Mei kemarin.

Ia menambahkan bagi mahasiswa semester akhir diperbolehkan untuk ke kampus, tetapi tetap menggunakan prosedur pencegahan COVID-19.

"Untuk mahasiswa semester akhir, sesuai dengan pedoman surat dari kementerian untuk bimbingan skripsi, seminar dan sidang skripsi itu boleh dilakukan dengan tatap muka tetapi tetap menggunakan prosedur COVID-19," katanya.

Ia menyebutkan untuk wisuda tahun 2020 tidak menutup kemungkinan akan dilakukan secara dering.

"Jadwal wisuda di bulan September 2020. Akan tetapi kita masih menunggu, karena wisuda Poltesa cuma satu kali dalam setahun. Kalau masih tidak memungkinkan untuk wisuda secara tatap muka kemungkinan kita akan wisuda secara daring," kata dia.

Yuliansyah juga menyebutkan mahasiswa aktif Poltesa Sambas saat ini sekitar 1.400 mahasiswa.

"Kita berkomitmen penuh akan terus mengupayakan dan mendorong peningkatan SDM di kabupaten ini yang merupakan garda terdepan NKRI," katanya.*

Baca juga: Demo mahasiswa warnai prosesi pelantikan anggota DPRD Sambas

Baca juga: Akademisi: kawasan perbatasan di Sambas harus terus menjadi perhatian

Pewarta : Dedi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020