Ini merupakan upaya pemerintah membantu masyarakat dalam hal ini keluarga besar para pahlawan.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial berupa paket berisi bahan pokok kepada para purnawirawan TNI yang terdampak COVID-19 sebagai upaya mengurangi beban masyarakat sekaligus penghargaan terhadap keluarga pahlawan.

Bantuan tersebut diserahkan Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos Edi Suharto mewakili Menteri Sosial Juliari P Batubara di Kompleks Purnawirawan TNI-AU Bumi Dirgantara Permai, Kelurahan Jati Sari, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, Kamis.

"Yang saat ini diterima bapak-ibu, merupakan bansos non-reguler berupa paket sembako Bantuan Presiden. Bansos nonreguler atau bansos khusus lainnya adalah Bantuan Sosial Tunai (BST). Dua-duanya saat ini sedang terus dipercepat penyalurannya sesuai dengan periode penyaluran tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni," kata Edi Suharto.

Baca juga: Perum Bulog siap salurkan 900 ribu ton beras untuk 10 juta keluarga

Kemensos menyerahkan secara simbolik 256 paket sembako Bantuan Presiden . Sebanyak 106 paket untuk masyarakat di kompleks tersebut dan sisanya untuk tiga kompleks TNI-Polri lainnya.

Mengutip pernyataan Mensos Juliari di beberapa kesempatan, Edi menyatakan, tantangan yang harus dihadapi negara tidaklah sederhana, termasuk dalam menghadapi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Kemitraan pemerintah dengan masyarakat termasuk ormas, sangat diperlukan dalam menangani berbagai masalah bangsa. Dalam masa pandemi, Kemensos menggandeng FKPPI yang merupakan ormas dengan jangkauan luas dan juga dikenal memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, sehingga merupakan mitra strategis pemerintah.

Menurut Edi, Mensos Juliari terus mengakselerasi penyaluran bansos dengan bermitra dengan komunitas. Komunitas yang sudah digandeng Kemensos adalah Gerakan Pemuda Ansor, Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), pondok pesantren dan sebagainya.

Baca juga: Bulog tegaskan beras bantuan Presiden lewati kontrol kualitas ketat

Dalam kesempatan sama, mewakil Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan dan Putra-putri TNI/Polri (FKPPI) sekaligus hadir sebagai Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, penerima manfaat bantuan adalah empat kompleks purnawirawan.

"Ini merupakan upaya pemerintah membantu masyarakat dalam hal ini keluarga besar para pahlawan. Jadi bantuan ini tidak sekedar terkait dengan upaya mengurangi beban masyarakat terdampak pandemi, namun juga bentuk penghargaan negara kepada keluarga pahlawan," kata Agus.

Bantuan sembako Presiden menjangkau 1,9 juta keluarga (KK) di Jakarta dan Bodetabek dengan nilai Rp600.000/KK/bulan disalurkan sebulan dua kali.

Selain itu, Kemensos juga menyalurkan Bansos Tunai (BST) untuk masyarakat di luar Jabodetabek dengan nilai sama. Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang penyaluran Bansos Sembako dan BST dari Juli sampai Desember 2020, dengan nilai bantuan sebesar Rp300.000/KK/bulan.

Baca juga: Istana: Presiden selalu tekankan agar bansos tepat sasaran

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020