Ketua RW se Kepulauan Seribu disosialisasikan program "Perisai"

Ketua RW se Kepulauan Seribu disosialisasikan program

Sebanyak 24 ketua rukun warga (RW) se Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta disosialisasikan program agen Perisai oleh BPJamsostek di kantor bupati Pulau Pramuka, Kamis (25/6/2020) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) menyosialisasikan program agen penggerak jaminan sosial (Perisai)  kepada 24 ketua rukun warga (RW) se Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. 

Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJamsostek Cotta Sembiring di Kantor Bupati Pulau Pramuka, Kamis, mengatakan  program itu ditujukan bagi pekerja nonformal  dengan melibatkan masyarakat untuk menjadi penggerak jaminan sosial.

Baca juga: Baznas daftarkan 1.000 warga Kepulauan Seribu kepesertaan BPJamsostek

Insentif yang diberikan agen Perisai antara lain sekitar 7,5 persen dari iuran bulanan dari peserta ketenagakerjaan yang direkut agen Perisai.

“Tidak putus dan terus menerus selama masih dikelola pembayaran iuaran. Beda dengan asuransi lain,” ujar Cotta dalam kunjungannya ke kantor Bupati Kepulauan Seribu.

Cotta berharap, warga penerima upah maupun bukan penerima upah dapat didaftarkan sebagai peserta BPJamsostek. Para RT dan RW juga tahu data yang sudah mendaftar dan belum mendaftar, sehingga sisanya dapat di edukasi untuk bisa mendaftarkan diri.

Baca juga: BPJamsostek bayarkan santunan kematian di Kepulauan Seribu

Sementara itu, Kepala kantor cabang BPJamsostek Jakarta Kelapa Gading Erfan Kurniawan mengatakan sosialisasi itu dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada perangkat RW tentang program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

“Sehingga nantinya program ini dapat dirasakan oleh seluruh pekerja yang ada di wilayah Kepulauan Seribu,” harap Erfan.

Sosialisasi itu untuk mendukung program Bupati Husein Murad dalam  mewujudkan Kabupten Kepulauan Seribu sebagai kepulauan wajib jaminan sosial ketenagakerjaan. Dimana nantinya diharapkan petugas BPJamsostek yang ada di Pulau Pramuka dapat berkoordinasi dengan RW untuk menyosialisasikan program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh masyarakat.

Baca juga: BPJAMSOSTEK dorong peserta yang di-PHK ikuti program vokasi

“Agen Perisai ini diharapkan dapat menyosialisasikan manfaat kepesertaan Jamsostek, dan meringankan warga di Kepulauan Seribu untuk memenuhi persyaratan menjadi peserta BPJamsostek, karena di pulau selain pekerja formal banyak juga yang bukan penerima upah,” kata Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad.
Pewarta : Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020