Politik kemarin, telegram Kapolri soal pilkada hingga ABK MV Veendam

Politik kemarin, telegram Kapolri soal pilkada hingga ABK MV Veendam

344 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) di kapal pesiar MV Veendam berhasil dievakuasi dan tiba di Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (22/6/2020) (ANTARA/HO-Dok Kogabwilhan I)

Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 22/6) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, diawali telegram Kapolri soal pengamanan pilkada hingga kedatangan ratusan ABK MV Veendam di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

Kapolri keluarkan surat telegram pedoman pengamanan Pilkada Serentak

Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Idham Azis, menerbitkan Surat Telegram Kapolri yang berisi pedoman pelaksanaan kegiatan pengamanan Pilkada Serentak 2020.

Surat telegram ini dikeluarkan menyusul telah diundangkannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5/2020 tertanggal 12 Juni 2020 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020.

"Pimpinan Polri telah mengeluarkan Surat Telegram Nomor 307 tanggal 16 Juni 2020 guna dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Kepolisian Indonesia, Brigadir Jenderal Polisi Awi Setiyono, di Kantor Bareskrim Kepolisian Indonesia, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

Sudah 116.239 WNI pulang sebagai bagian perlindungan WNI dari COVID-19

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, data termutakhir menyatakan sudah ada 116.239 WNI yang kembali ke Tanah Air sebagai bagian dari langkah pemerintah Indonesia dalam perlindungan WNI dari ancaman pandemi COVID-19.

Ia merinci, WNI dari Malaysia sebanyak 83.914 orang, WNI yang bekerja sebagai ABK pada kapal pesiar sebanyak 23.847 orang.

Selengkapnya di sini

Boy Rafli: Teroris tidak bisa diidentikkan dari penampilan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengingatkan bahwa teroris tidak bisa diidentikkan dari penampilan, termasuk cara berpakaian.

"Tidak bisa diidentikkan orang seperti ini, seperti ini (teroris). Bisa saja mereka kamuflase pakaian biasa dan sebagainya," katanya, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

KPU pastikan Pilkada 2020 sesuai prosedur protokol kesehatan

Komisi Pemilihan Umum memastikan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 berjalan sesuai prosedur protokol kesehatan penanganan pandemik COVID-19.

Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi di Jakarta, Senin, mengatakan KPU sedang menyiapkan berbagai hal untuk mendukung terlaksananya tahapan yang tetap aman dari penyebaran COVID-19.

Selengkapnya di sini

344 ABK MV Veendam tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Sebanyak 344 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) di kapal pesiar MV Veendam berhasil dievakuasi dan telah tiba di Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin siang.

"Pelaksanaan pukul 07.30 WIB sampai dengan 12.25 WIB. Jumlah ABK WNI MV. Veendam 344 org, terdiri laki-laki 311 orang dan perempuan 33 orang," ujar Perwira Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian dalam Keterangannya di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini
Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020