KNPI nilai Hermono layak jadi Dubes Malaysia

KNPI nilai Hermono layak jadi Dubes Malaysia

Calon Duta Besar RI di Kuala Lumpur, Hermono. ANTARA Foto/dok (1)

KUALA LUMPUR (ANTARA) - Badan Perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Malaysia mendukung pencalonan mantan Wakil Kepala Perwakilan RI di Malaysia Hermono sebagai calon Duta Besar RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur.

"Komisi I DPR RI tengah melakukan fit proper test terhadap para calon Duta Besar RI di 32 Perwakilan RI di Luar Negeri dan salah satu calon Duta Besar tersebut adalah untuk Perwakilan RI di Kuala Lumpur Malaysia," ujar Ketua BP KNPI Malaysia, Tengku Adnan di Kuala Lumpur, Kamis.

Dia mengatakan Presiden Jokowi telah memberikan kepercayaan kepada Hermono untuk dilakukan fit dan proper test oleh Komisi I DPR RI.

"Oleh karena itu kami menyambutnya dengan antusias karena kami menilai bahwa Bapak Hermono adalah calon Dubes yang tepat untuk Perwakilan RI di Kuala Lumpur," katanya.

Dia mengatakan Hermono adalah mantan Wakil Kepala Perwakilan RI di Kuala Lumpur dan kiprahnya selama menjalankan tugas sebagai DCM di Kuala Lumpur sangat baik dan memahami permasalahan yang dihadapi oleh pekerja migran sehingga setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan baik oleh beliau.

"Kepedulian dan kinerja beliau terhadap kebijakan WNI di Malaysia kami akui sangat baik dan tidak perlu kita ragukan lagi meskipun ketika itu hanya menjabat sebagai Wakil Kepala Perwakilan," katanya.

Selain itu dia juga rajin blusukan ke titik penempatan WNI sehingga dapat mendengar dan melihat langsung permasalahan yang dialami oleh WNI.

"Pengalaman beliau sebagai Sestama BNP2TKI juga sebagai penguat tambahan untuk ditugaskan di Kuala Lumpur. Karena selain menjaga hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia, yang tidak kalah penting itu adalah kami memerlukan seseorang duta besar yang paham dan ahli terkait segala macam permasalahan yang dihadapi oleh PMI dan sosok seorang Hermono adalah calon yang sesuai," katanya.

Pria asal Medan ini juga berharap dengan ditunjukknya Hermono sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Pemerintah Malaysia dapat meningkatkan perlindungan dan pelayanan WNI menjadi lebih baik lagi ke depannya.

"Bagaimanapun nantinya kami akan tetap mengawal segala kebijakan beliau dan memberikan kritik membangun sehingga hubungan KBRI dengan berbagai unsur masyarakat di Malaysia khususnya perlindungan serta pelayanan terhadap WNI dapat berlangsung sesuai slogan yang pernah digaungkan yaitu pelayanan prima," katanya.
 
Pewarta : Agus Setiawan
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020