28 ruang isolasi COVID-19 disiapkan di Akper Ibnu Sina Kota Sabang

28 ruang isolasi COVID-19 disiapkan di Akper Ibnu Sina Kota Sabang

Sekretaris Daerah Kota Sabang, Provinsi Aceh Zakaria (kanan) saat meninjau kesiapan ruang isolasi pasien COVID-19 di Akper Ibnu Sina Kota Sabang. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Sabang)

Sabang, Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh menyediakan ruang isolasi untuk penanganan pasien terkait COVID-19 di Akademi Keperawatan (Akper) Ibnu Sina Kota Sabang, sebagai upaya antisipasi apabila terdapat warga terjangkit virus corona jenis baru penyebab COVID-19 itu.

Sekretaris Daerah Kota Sabang Zakaria, Selasa, di Sabang, Selasa mengatakan pihaknya telah meninjau kesiapan ruangan di Akper Ibnu Sina.

Pemkot Sabang terus meningkatkan kewaspadaan dan berbagai langkah upaya pencegahan penyebaran, termasuk menyediakan ruang isolasi.

"Kami terus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap bahayanya virus ini, selain itu Pemko juga menyiapkan ruang isolasi untuk penanganan COVID-19 sebagai langkah antisipasi," katanya di Kota Sabang.

Zakaria menjelaskan, Pemkot Sabang telah menyiapkan ruang isolasi utama di rumah sakit umum (RSU) Kota Sabang. Bahkan juga memisahkan instalasi gawat darurat (IGD) umum dan IGD khusus pasien COVID-19, agar memudahkan penanganan pasien.

"Selain menyediakan ruang isolasi di RSU, kita juga menyiapkan ruang isolasi di gedung Akper Ibnu Sina yang terdiri dari 28 ruangan yang siap digunakan sebagai langkah antisipasi," ujarnya.

Tidak hanya untuk pasien, menurut dia, Pemkot Sabang juga menyediakan ruang isolasi khusus untuk para petugas dan tenaga medis yang menangani pasien COVID-19.

"Kita sama-sama berharap, semoga virus ini cepat hilang dan tidak terjadi di Kota Sabang dan tetap berdoa serta selalu mematuhi protokol kesehatan," demikian Zakaria.

Baca juga: Walikota: Keluar-masuk Sabang wajib miliki izin gugus tugas

Baca juga: Cegah COVID-19, Pelabuhan Ulee Lheue-Aceh disemprot disinfektan

Baca juga: Cegah COVID-19, Pemko Sabang hentikan operasional kapal cepat
Pewarta : Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020