Jakarta (ANTARA) - Hadirnya mobil baru mungkin akan menjadi solusi untuk menarik minat konsumen di tengah anjloknya penjualan otomotif nasional.

Beberapa model baru diprediksi akan hadir pada semester kedua, baik dari merek Jepang maupun China. Berikut ulasan singkatnya:

DFSK Glory i-Auto

Peluncuran DFSK Glory i-Auto mungkin tertunda karena masalah pandemik COVID-19. Namun jenama asal China yang punya pabrik di Cikande Serang, Banten itu kemungkinan tetap akan mengenalkan mobil itu pada tahun ini.

DFSK Glory i-Auto menggunakan platform yang sama seperti Glory 580, namun mengusung teknologi terkini yang mungkin akan menjadi hal baru untuk konsumen otomotif.

MG HS

Merek Inggris-China, Morris Garage (MG) akan meneruskan momentum peluncuran MG ZS dengan produk baru MG HS. Mobil calon pesaing Mazda CX5, Honda CR-V dan Nissan X-Trail itu diprediksi bakal hadir pada semester kedua tahun ini.

MG HS kemungkinan akan memakai mesin 1.500cc 4 silinder dengan dukungan turbocharged dengan teknologi i-SMART. Dikabarkan juga, teknologi itu hadir dengan tiga bagian utama, Smart Command, Smart Connect dan Smart Check.

Baca juga: Penjualan mobil listrik Eropa justru melonjak saat corona

Baca juga: BMW sebut penjualan mobil di "marketplace" lebihi ekspektasi


Honda CR-V

Tidak mau kalah dengan pemain baru di Indonesia, Honda akan meluncurkan CR-V terbaru untuk menyegarkan model CR-V 2.0-liter i-VTEC dan 1.5L turbo AT yang sudah beredar saat ini.

Honda CR-V ditaksir akan tampil lebih mewah dengan penambahan beberapa ornamen krom dan lampu LED.

Mitsubishi Pajero Sport
 
Mitsubishi Pajero Sport di Thailand (https://www.mitsubishi-motors.com)


Mitsubishi akan menyegarkan tampang Pajero Sport. Sama seperti pendahulunya, Pajero Sport akan memakai dua jenis mesin diesel MIVEC yakni 2.4L pada varian menengah dan 2.5L dengan tenaga yang lebih besar.

Toyota Fortuner

Toyota juga akan mengenalkan Fortuner generasi terbaru. Mobil itu memakai dua jenis mesin yakni 2,4 liter dan 2,8 liter 4WD sebagai varian tertinggi.

Toyota mengklaim bahwa varian tertinggi mereka menawarkan tenaga yang besar tanpa meninggalkan efisiensi bahan bakar.

Nissan Note
 
Nissan Note e-Power. Nissan Note e-Power(/)


Meski sudah tidak lagi memiliki pabrik di Indonesia, Nissan tetap meluncurkan produk-produk terbaik di Indonesia. Salah satunya adalah Nissan Note dengan konfigurasi dua baris penumpang.

Mobil itu menggunakan teknologi e-Power yang menjadi hal baru bagi konsumen Indonesia. Selain itu, Nissan Note akan hadir dengan mesin 1.2L ditambah dengan motor listrik.

Suzuki Swift 2020

Suzuki dikabarkan ingin membawa lagi Swift ke Indonesia pada semester kedua tahun ini. Dikabarkan Rushlane, Suzuki memberikan penyegaran pada headlamp, bumper, velg, dan grille.

Suzuki Swift 2020 sudah dilengkapi Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, Traffic Sign Recognition, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert. Sedangakan pada varian termahal, Suzuki Swift hadir dengan Dual Sensor Brake Support dan High Beam Assist.
 
Suasana pembukaan GIIAS yang dihaidir oleh Jusuf Kalla (Antara News/Chairul Rohman)


Saat ini, penjualan kendaraan kendaraan di Indonesia memang sangat merosot drastis, hal itu terlihat pada data yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Selasa, penjualan mobil pada Mei 2020 hanya 3.551 unit, padahal pada bulan yang sama tahun lalu bisa sampai 84.109 unit.

Hal itu menambah penurunan beruntun dimana pada April penjualan mobil di Indonesia menyusut 90,63 persen yakni dari 84.056 unit pada April 2019 menjadi 7.871 unit pada April 2020.

Baca juga: Penjualan mobil Indonesia Mei 2020 terjun 95,7 persen

Baca juga: Astra akui bisnis kendaraan bermotornya terdampak pandemi COVID-19

Baca juga: Penjualan mobil Suzuki turun 18 persen April
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020