Jakarta (ANTARA) - Berita politik penting yang terjadi pada Minggu (17/5) kemarin masih menarik untuk disimak, mulai dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berduka karena wafatnya adik ipar Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga PDI-Perjuangan hapus pasal kristalisasi Pancasila dalam Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Berikut rangkuman berita menarik kemarin selengkapnya:

1. Presiden Jokowi sampaikan dukacita wafatnya Pramono Edhie Wibowo

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan dukacita mendalam atas berpulangnya mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI (Purnawirawan) Pramono Edhie Wibowo.

Pramono Edhie Wibowo merupakan adik ipar Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, wafat pada usia ke-65, Sabtu (13/6) malam, karena sakit.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat, saya mengucapkan turut berdukacita yang mendalam atas berpulangnya ke hadirat Allah Swt., Bapak Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, pada usia 65 tahun," kata Presiden dalam keterangannya di Istana Kepresidenan RI, Bogor, Jawa Barat, yang diunggah melalui kanal video Youtube, Minggu.

Baca selengkapnya

2. AHY kaget Pramono Edhie meninggal akibat serangan jantung

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan kaget almarhum mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo meninggal akibat serangan jantung, karena beliau semasa hidupnya disiplin berolahraga.

"Pak Edhie terkenal sangat baik kehidupannya, sangat sehat, disiplin berolahraga, juga rajin makan teratur. Tapi ternyata memang ini kehendak yang maha kuasa," kata AHY di rumah duka, Puri Cikeas Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/6) malam.

Baca selengkapnya

3. Presiden Jokowi bantu istri ajudan pribadi Presiden Soekarno

Presiden Joko Widodo memberikan bantuan kepada Elizabeth Koesno, istri almarhum Serma CPM R Koesno yang merupakan ajudan pribadi Presiden pertama RI Soekarno.

Elizabeth Koesno, saat ini berusia 93 tahun, diketahui menderita retak di tulang punggung akibat jatuh.

Baca selengkapnya

4. Andika Perkasa: Pramono Edhie Wibowo jadi inspirasi Angkatan Darat

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan mantan Kasad periode 2011-2013 Jenderal TNI Purnawirawan Pramono Edhie Wibowo telah menginspirasi seluruh generasi penerus Angkatan Darat.

"Beliau meninggalkan prestasi-prestasi yang bagi kami generasi muda yang sekarang harus mengambil alih tongkat estafet Angkatan Darat ini ke situasi minimal sama atau bila memungkinkan lebih baik lagi," ujar Andika usai memimpin prosesi upacara pemakaman Pramono Edhie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu.

Baca selengkapnya

5. PDIP setuju hapus pasal kristalisasi Pancasila dalam RUU HIP

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, menyatakan pihaknya setuju untuk menghapus salah satu pasal terkait kristalisasi Pancasila dalam Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

"Materi muatan yang terdapat di dalam Pasal 7 RUU HIP terkait ciri pokok Pancasila sebagai Trisila yang kristalisasinya dalam Ekasila, PDIP setuju untuk dihapus," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020