RS Khusus Gigi Mulut FKG UI kembali buka layanan

RS Khusus Gigi Mulut FKG UI kembali buka layanan

Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (RSKGM FKG UI). (Megapolitan.antaranews.com/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (RSKGM FKG UI) kembali membuka layanan secara bertahap pascarenovasi.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medik RSKGM FKG UI, Dr Natalina dalam keterangan tertulisnya, Jumat, mengatakan layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) telah dibuka sejak 2 Juni 2020, kemudian, mulai tanggal 15 Juni 2020, akan dilanjutkan dengan pembukaan layanan Klinik Eksekutif serta unit layanan umum secara bertahap.

Ia mengatakan mengingat praktik kedokteran gigi berisiko tinggi terinfeksi COVID-19, pembukaan layanan ini dilakukan setelah melalui kajian mendalam serta mengacu pada protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah.

Baca juga: RSUI menjadi rumah sakit rujukan untuk penyakit akibat kerja

"Dalam menerapkan prosedur layanan kesehatan, seluruh tenaga medis dan tenaga kesehatan RSKGM FKG UI dibekali Alat Pelindung Diri (APD), panduan kesehatan, serta menerapkan '5 Momen Kebersihan Tangan'," katanya.

IGD akan beroperasi setiap hari selama 24 jam, sementara untuk layanan umum dibuka hari Senin-Jumat, pukul 08.00 – 15.00 WIB, dan untuk Klinik Eksekutif buka hari Senin-Jumat, pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Berkenaan dengan situasi pandemi COVID-19, pasien yang akan kami terima antara 20-30 persen dari layanan sebelum COVID-19.

Lebih lanjut, drg.Natalina menjelaskan bahwa semua layanan rawat jalan hanya bagi kasus dengan kategori tindakan risiko rendah dan risiko sedang produksi aerosol, sementara tindakan dengan kategori risiko tinggi produksi aerosol dilaksanakan ketika pasien mengalami kondisi kegawatdaruratan.

Baca juga: UI siap produksi 1.000 ventilator lokal COVENT-20

Baca juga: UI dan mitra industri siap produksi 1 juta flocked swab


RSKGM FKG UI memberikan layanan Kedokteran Gigi Anak (pencegahan dan perawatan kelainan gigi dan mulut balita, anak, remaja, serta anak berkebutuhan khusus); Ortodontik (kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi-geligi); Konservasi Gigi (pencegahan dan perawatan kelainan gigi yang berhubungan dengan jaringan keras dan saraf gigi).

RSKGM FKG UI merupakan pusat rujukan pelayanan dan asuhan kedokteran gigi di Indonesia, yang memiliki fasilitas layanan yang terdiri dari Paviliun Khusus, Klinik PPDGS dan Klinik Integrasi.

Paviliun Khusus merupakan klinik swadana yang memberikan pelayanan umum dan spesialistik secara komprehensif dan profesional. Klinik PPDGS merupakan klinik pendidikan untuk tingkat spesialistik.

Pelayanan kesehatan gigi dilakukan oleh dokter gigi peserta pendidikan dokter gigi spesialis di bawah supervisi dokter gigi konsulen dengan mengedepankan pelayanan berkualitas dengan biaya yang terjangkau.

Baca juga: UI kembangkan APD respirator pemurni udara bagi tenaga medis

Klinik Integrasi merupakan pelayanan klinik pendidikan yang dilakukan oleh peserta pendidikan profesi dokter gigi di bawah supervisi dokter gigi konsulen dengan mengedepankan kualitas yang terjamin dan biaya yang lebih terjangkau.
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020