Jakarta (ANTARA) - Museum berisi kenangan mendiang DJ Avicii akan dibuka di kampung halamannya di Stockholm sebagai bagian dari pusat budaya digital baru tahun depan.

Dilansir Reuters, DJ pemilik nama asli Tim Bergling ini dikenal lewat lagu "Wake Me Up", "Hey Brother" dan "Sunshine" yang dibuat bersama David Guetta dan dinominasikan dalam Grammy 2012.

Bergling ditemukan meninggal dunia di Oman pada April 2018, merenggut nyawanya sendiri pada usia 28 tahun. Keluarganya mengatakan saat itu dia bergulat melawan stres dan "tak bisa melangkah lagi".

Museum "Avicii Experience" akan berlokasi di Space, pusat budaya digital baru yang akan dibuka pada musim panas 2021, merupakan proyek gabungan dari Space, Pophouse Entertainment Group dan Tim Bergling Foundation yang didirikan orangtua Avicii, Klas Bergling dan Anki Liden, untuk mendukung kesadaran kesehatan mental.

Pengunjung bisa mendengarkan musik-musik Bergling yang belum dipublikasikan, melihat foto-foto dan memorabilia sang DJ, kata Per Sundin, kelapa eksekutif Pophouse Entertainment yang juga memiliki ABBA the Museum.

"Akan ada cerita tentang kehidupan Tim, dari kamarnya sejak remaja di mana ia bermain World of Warcraft bersama teman-temannya, lagu pertamanya, demo pertamanya," kata Sundin.

Walikota Stockholm, Anna Konig Jerlmyr, mengatakan kepada Reuters lewat surel bahwa dia berharap museum ini bisa menjadi awal dialog mengenai kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri.

Avicii, yang dikenal dengan hit internasional seperti "Wake Me Up" dan "Hey Brother," mengumumkan pada tahun 2016 bahwa dia pensiun dari tur, tetapi dia terus membuat musik dan dinominasikan untuk penghargaan musik Billboard awal pekan ini.

Ia mengatakan kepada majalah Billboard, alasan berhenti melakukan tur pada tahun 2016 karena masalah kesehatan. Tiga tahun sebelumnya, dia menjalani operasi untuk usus buntu yang pecah dan kantung empedu yang tersumbat dan pada tahun 2012, dia dirawat di rumah sakit karena masalah pankreatitis.

Sepanjang kariernya, Avicii memenangkan sejumlah Penghargaan Musik Amerika, penghargaan musik Billboard, dan penghargaan MTV Europe Music untuk karya EDM-nya. Dia juga berkolaborasi dengan Carlos Santana dan Wyclef Jean di lagu kebangsaan untuk Piala Dunia 2014 di Brasil, "We Will Find a Way."


Baca juga: Album baru mendiang Avicii segera dirilis

Baca juga: DJ Avicii ditemukan meninggal di Oman

Baca juga: DJ Avicii diwartakan meninggal karena bunuh diri

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020