Ada tujuh tambahan transmisi lokal, positif di Denpasar naik 136

Ada tujuh tambahan transmisi lokal, positif di Denpasar naik 136

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai. (FOTO ANTARA/ I Komang Suparta)

Denpasar (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Denpasar, Bali mengumumkan kembali tujuh kasus baru positif COVID-19 karena tertular akibat transmisi lokal sehingga jumlah totalnya bertambah menjadi sebanyak 136 kasus positif

"Tujuh kasus tambahan positif COVID-19 yang tercatat hari Senin (8/6) ini akibat transmisi lokal," kata  Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, di Denpasar, Senin malam.

Adapun secara rinci pasien positif virus corona tersebut, yakni masing-masing satu orang dari Kelurahan Padangsambian, Desa Padang Sambian Kelod, Kelurahan Serangan, Kelurahan Dauh Puri, dan tiga orang dari Desa Tegal Kerta, Kota Denpasar.

Ia mengharapkan kepada masyarakat selalu hidup bersih dan waspada dengan terus terjadinya tren peningkatan kasus pasien COVID-19 karena belum dapat diprediksi kapan akan berakhirnya pandemi COVID-19 yang melanda sebagian besar negara di dunia, termasuk Bali.

Pihaknya kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu memerhatikan protokol kesehatan. Peningkatan kasus akibat transmisi lokal akhir-akhir ini menunjukkan semakin meningkat. Hal ini memerlukan upaya disiplin dan sungguh-sugguh dari masyarakat.

"Kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi semua elemen masyarakat dalam memutus mata rantai COVID-19. Semua daerah di Bali dan luar Bali sudah terpapar virus corona. Mari bersama-sama kurangi perjalanan atau aktivitas di luar rumah dan kontak langsung dengan orang lain" katanya.

Melihat perkembangan kasus COVID-19, ia kembali mengingatkan selain kasus positif COVID-19, keberadaan Orang Tanpa Gejala (OTG) hasil penelusuran Tim Gugus Tugas COVID-19 bersama desa dan kelurahan masih menjadi ancaman penularan baru, untuk itu perlu tetap meningkatkan kewaspadaan.

Secara kumulatif, ia menjelaskan kasus COVID 19 di Kota Denpasar hingga Senin ini sebanyak 136 kasus positif. Rinciannya adalah 67 sembuh, dua orang meninggal dunia, dan 67 orang masih dalam perawatan.

Hasil pendataan tim Gugus Tugas di Kota Denpasar secara kumulatif terdapat status OTG sebanyak 807 kasus, namun 390 dinyatakan sehat setelah isolasi mandiri, sehingga tersisa 417 OTG.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara akumulatif tercatat 299 kasus, namun sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 265, sehingga masih tersisa 34 ODP.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara akumulatif sebanyak 95 kasus, namun 29 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani tes "swab" sehingga tersisa 66 yang berstatus PDP, demikian I Dewa Gede Rai.

Baca juga: Tambah tujuh, kasus positif COVID-19 di Kota Denpasar naik 117 orang

Baca juga: Transmisi lokal COVID-19 naik, Gubernur Bali: Disiplin warga turun

Baca juga: GTPP: 24 dari 25 kasus baru positif COVID-19 di Bali transmisi lokal

Baca juga: Transmisi lokal naik, pemimpin desa di Bali diminta masif sosialisasi
Pewarta : I Komang Suparta
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020