Menteri Edhy ingatkan makan ikan tingkatkan imunitas

Menteri Edhy ingatkan makan ikan tingkatkan imunitas

Dokumentasi - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat melakukan panen budidaya ikan laut di Kepulauan Seribu, Jakarta. ANTARA/HO-KKP/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengingatkan kepada berbagai kalangan masyarakat tentang pentingnya memakan ikan yang berkualitas sebagai upaya meningkatkan imunitas di tengah pandemi COVID-19.

"Di tengah wabah COVID-19 ini, kita berupaya membantu mencukupi kebutuhan gizi untuk meningkatkan imunitas masyarakat melalui penyerahan bantuan produk perikanan," kata Menteri Edhy dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Menteri Edhy mengingatkan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan ikan atau karantina, mutu, dan keamanan hasil perikanan.

Selain itu juga esensial memberikan pencerahan bagi masyarakat mengenai potensi dan nilai lebih produk perikanan sebagai alternatif pangan yang aman dan bermutu.

Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) KKP Rina mengatakan, penyelenggaraan Bulan Mutu Karantina 2020 ini bertepatan dengan merebaknya pandemi di Indonesia.

Rina mengemukakan, di samping berdampak secara ekonomi khususnya bagi masyarakat yang bekerja di sektor nonformal, COVID-19 juga mengancam kesehatan masyarakat sehingga ikan berperan penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi masyarakat di tengah wabah ini.

Menurut dia, BKIPM terus mengawal Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan memanfaatkan teknologi komunikasi digital yang tersedia.

"Kita ingin menyebarkan pesan kepada masyarakat, pemangku kebijakan, maupun komponen bangsa lainnya bahwa produk perikanan penting untuk menjaga asupan protein, gizi, dan memperkuat imunitas dalam menghadapi wabah COVID-19," ujarnya.

Selain memaparkan berbagai kandungan nutrisi dan manfaat ikan, Rina juga mengajak seluruh peserta untuk tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran COVID-19 melalui pengecekan suhu, penggunaan masker, ketertiban mencuci tangan, dan pelaksanaan jaga jarak.

Sebagaimana diwartakan, Pemerintah terus berupaya untuk menyerap produk perikanan tangkap dengan memanfaatkan teknologi guna memasarkan produk perikanan di tengah kondisi pasar yang turun akibat pandemi COVID-19.

Dengan cara itu, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Safri Burhanuddin optimis industri perikanan Indonesia bisa segera bangkit.

"Kita salah satu negara dengan potensi perikanan yang luar biasa. Memang saat ini kondisi pasar turun, tapi kalau kita memanfaatkan tekonologi, seharusnya tidak masalah. Pasar online luas, kita melihat potensi dari perikanan. Ini peluang yang besar untuk kita manfaatkan bersama," katanya.

Baca juga: Promosikan makan ikan, KKP siapkan 40.000 paket
Baca juga: Akademisi: Hari Gizi 25 Januari, momentum genjot kampanye makan ikan
Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020