Kota Pangkalpinang dan PLN lakukan penghijauan Pantai Pasirpadi

Kota Pangkalpinang dan PLN lakukan  penghijauan Pantai Pasirpadi

Penghijauan kawasan Pantai Pasirpadi Pangkalpinang oleh Pemkot bersama PT PLN UP3 Bangka. (ANTARA/ Donatus D.P)

Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan Perusahaan Listrik Negara Unit Bangka melakukan penghijauan dengan menggelar aksi penanaman pohon di kawasan Pantai Pasirpadi Pangkalpinang.

"Aksi penghijauan ini kami laksanakan bersama masyarakat sekitar agar mereka merasa memiliki dan proaktif menjaga kelestarian alam yang ada di objek wisata tersebut," kata Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil di Pangkalpinang, Jumat.

Aksi yang digelar pada Jumat pagi tersebut bertujuan untuk mewujudkan kawasan hijau di Pesisir Pantai Pasirpadi dengan melakukan penanaman sebanyak 64 pohon tabebuya dan 76 tanaman anggrek.

Baca juga: 1.000 pohon ditanam alumni Universitas Bung Hatta di Bukit Raya-Riau

Tabebuya dan anggrek dipilih untuk ditanam di kawasan itu karena pesona keindahannya yang diharapkan mampu mempercantik kawasan pariwisata tersebut.

Selain itu, tanaman ini memiliki manfaat sebagai tanaman pelindung dan berfungsi penting menyerap polusi di lingkungan sekitar.

Pohon asal Brazil ini biasanya mengalami masa puncak bunga mekar pada Juni hingga Juli.

Selain itu, tanaman ini seringkali menjadi simbol pembangunan kota berwawasan lingkungan.

"Kegiatan penghijauan di Pantai Pasirpadi ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemkot Pangkalpinang dan PLN," katanya.

Baca juga: Memperkokoh daya dukung lingkungan di kawasan Candi Gedongsongo

Ia mengatakan, penanaman pohon tabebuya ini merupakan bentuk tanggung jawab PLN terhadap pohon yang dipangkas beberapa waktu lalu.

"Untuk perawatannya nanti agar pohon ini tumbuhnya sehat akan dipantau dan dijaga oleh Dinas Perkim agar tanaman ini tumbuhnya sesuai dengan yang diharapkan, karena pohon tabebuya ini cukup sulit untuk didapatkan," katanya.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Bangka, Candra Afeli menyatakan bahwa program ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari misi PLN.

"Hari ini kita kembali melakukan aksi tanam pohon bersama, sebagai upaya kami mewujudkan misi perusahaan dalam menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan," ujarnya.

Ia menambahkan kegiatan tersebut sebagai bentuk kolaborasi antara PLN UP3 Bangka dengan Pemkot dalam upaya mewujudkan Pangkalpinang sebagai kota beribu senyuman.

Baca juga: KLHK tindaklanjuti arahan Presiden lakukan rehabilitasi lahan
Baca juga: Puluhan ribu biji tanaman disebar untuk hijaukan Gunung Bancak

Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020