Pasien positif COVID-19 di Pangkalpinang bertambah empat orang

Pasien positif COVID-19 di Pangkalpinang bertambah empat orang

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Kota Pangkalpinang, Masagus M. Hakim. (ANTARA/ Donatus D.P)

Pangkalpinang (ANTARA) - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertambah empat orang berdasar tes swab beberapa hari lalu yang hasilnya sudah keluar.

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Kota Pangkalpinang, Masagus M. Hakim di Pangkalpinang, Rabu, mengatakan status terkonfirmasi positif COVID-19 empat orang pasien tersebut berdasarkan hasil tes swab atau tes usap oleh Labkesda Provinsi Babel dan Rumah Sakit Bakti Timah Kota Pangkalpinang.

Baca juga: Gugus Tugas puji kesiapan Pangkalpinang tangani COVID-19

"Pasien berinisial IR (35) Kecamatan Tamansari, HS (38) Bukit Baru, AK (34) Bacang, RD (33) Gerunggang. Untuk pasien HS klaster pasien IB warga Bukitbaru, sedangkan tiga lainnya belum mendapatkan data lengkap," katanya.

Dari empat pasien positif tersebut, satu orang merupakan orang tanpa gejala (OTG) dari kasus delapan sebelumnya dan tiga orang merupakan hasil pemeriksaan.

Baca juga: Patuhi protokol, warga Pangkalpinang shalat id berjamaah di masjid

Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Pangkalpinang saat ini sedang melakukan penelusuran dan penyelidikan epidemiologi terhadap kasus tersebut.

"Saat ini kondisi keempat pasien tersebut dalam kondisi baik, hari ini kami akan isolasi semua pasien di wisma karantina Gedung LPMP Provinsi Babel," katanya.

Baca juga: Satu Kepala OPD Pemkot Pangkalpinang terkonfirmasi positif COVID-19

Selain melakukan karantina kepada empat orang tersebut, tim gugus tugas juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah dan lingkungan sekitar tempat tinggal pasien sebagai upaya pencegahan penularan.

Baca juga: Tiga warga di Pangkalpinang terkonfirmasi positif COVID-19

Ia menambahkan untuk jumlah pasien yang terkonfirmasi positif saat ini masih tersisa delapan orang dari sebelumnya sebanyak 12 orang.

"Yang sudah dinyatakan sembuh ada empat orang setelah menjalani tes swab sebanyak dua kali. Dengan adanya Labkesda dan Laboratorium RSBT untuk tes swab, kita tidak perlu lagi menunggu lama mengetahui hasil apakah ada yang positif atau tidak," katanya.

Baca juga: Tiga warga di Pangkalpinang terkonfirmasi positif COVID-19
Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020